nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Simak Cara Mengemudi Aman Selama Puasa Ala Dokter Kesehatan

Mufrod, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 13:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 13 15 2055017 simak-cara-mengemudi-aman-selama-puasa-ala-dokter-kesehatan-VuEuEatI6f.jpg Ilustrasi pengemudi mengantuk selama mengemudi (foto: Ist)

JAKARTA - Mengemudi selama bulan ramadan tentu tak seperti hari biasanya, menahan emosi ditengah kondisi fisik tubuh yang kurang terjaga karena harus menahan lapar dan haus, menjadi tantangan yang harus tetap dijalankan pengemudi selama berkendara di jalan raya.

Meski pada kondisi tubuh seperti itu selama bulan ramadan, dinilai banyak menimbulkan risiko terjadinya kecelakaan yang bisa diakibatkan karena faktor konsentrasi yang menurun akibat perubahan kondisi tubuh selama berpuasa.

 

Kondisi pengemudi yang berpuasa menurut dr. Daniel Bramantyo, dari Rumah Sakit Pertamina Jaya, berpuasa selama belasan jam, kadar gula darah dalam tubuh akan mengalami penurunan dan berpotensi mengalami dehidrasi. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang merasa lelah dan menjadi tidak sabar.

“Kondisi tubuh biasanya menjadi lebih lemas pada saat berpuasa, dan tentunya akan mempengaruhi kekuatan dan ketahanan saat mengemudi. Puasa dapat mempengaruhi fungsi kognitif dan memiliki efek langsung seperti kurangnya konsentrasi, menguap, dan mengantuk yang membuat pengendara tak menyadari keberadaan rambu lalu lintas,”

 

Oleh karenanya menurut dr Daniel, untuk menjaga konsentrasi selama mengemudi sehari-hari bisa dilakukan dengan beberapa langkah seperti dibawah ini:

1. Penuhi Asupan Gizi

Saat sahur, jangan pernah lupakan konsumsi karbohidrat kompleks yang ada di dalam nasi merah, ubi, jagung, roti gandum, dan makanan lainnya. Asupan protein dan lemak juga tidak boleh ditinggalkan, karena jika kita tidak mengkonsumsinya, dikhawatirkan badan akan mudah terasa lemah di siang hari.

2. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Ketika sahur atau berbuka, kita dapat mengkonsumsi jus buah yang membantu proses pencernaan tetap lancar sekaligus menjaga asupan vitamin dan nutrisi baik lainnya yang penting bagi tubuh. Selain itu, pastikan agar Anda minum 8 gelas air putih demi mencukupi kebutuhan cairan tubuh sekaligus mencegah dehidrasi.

3. Hindari makanan pedas dan asam

Sebaiknya Anda menghindari makanan yang pedas dan juga asam karena hal ini dapat mengganggu fungsi lambung dan pencernaan yang dapat mengakibatkan asam lambung. Asam lambung selama berpuasa akan sangat memperberat kondisi tubuh.

(muf)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini