nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Kiat Belajar Ninda Maghfira, Peraih Nilai UN Tertinggi se-Jawa Barat

Inews, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 19:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 13 65 2055195 9-kiat-belajar-ninda-maghfira-peraih-nilai-un-tertinggi-se-jawa-barat-wizvo0Okuj.jpg Ninda Maghfira (kiri) bersama Ibundanya Eman Sulistiani (Foto: Ist)

JAKARTA - Meraih nilai terbaik dalam Ujian Nasional (UN) menjadi suatu kebahagiaan sekaligus kebanggaan. Tidak terkecuali bagi Ninda Maghfira, siswi SMA Negeri 1 Depok yang memperoleh nilai tertinggi UN se-Provinsi Jawa Barat untuk penjurusan IPS. Ninda meraih nilai 396 dari nilai maksimal 400.

Dari empat mata pelajaran yang diujikan, Ninda meraih nilai 96 untuk Bahasa Indonesia. Sementara Matematika, Bahasa Inggris, dan mata pelajaran pilihan, Ekonomi, meraih nilai 100.

Bagi siswa XII SMA, UN kerap menjadi momok menakutkan karena berbagai alasan. Jika beberapa tahun lalu Matematika menjadi hal paling dikhawatirkan, tahun ini Bahasa Indonesia lantaran banyak soal yang "menjebak".

Tidak heran siswa “berjuang mati-matian” demi mendapatkan nilai terbaik UN. Lantas bagaimana Ninda mengukir nilai nyaris sempurna tersebut? Apakah dia terus-menerus belajar hampir sepanjang waktu?

Baca Juga: Orangtua Deg-degan, Anaknya Ikut UTBK Hari Pertama

Menariknya, ternyata tidak. Seperti umumnya anak SMA, Ninda pun tak melulu belajar. Ada banyak kegiatan lain yang dilakukannya menjelang UN.

”Kuncinya membagi waktu, antara belajar, les bimbel (bimbingan belajar), main dan ikut les piano,” tutur Ninda, Senin (13/5/2019).

Dia mengaku tidak mempunyai target nilai tertentu ketika belajar atau saat menjalani UN. Dengan kata lain, Ninda merasa tak terbebani.

Kendati demikian, ada beberapa kiat yang membuatnya sukses meraih nilai terbaik di antara 226.610 siswa tersebut. Kunci keberhasilan tersebut yakni:

1. Mempunyai tekad untuk disiplin, fokus dan tekun belajar, sejak awal masuk SMA.

2. Anggap semua pelajaran penting.

3. Jangan bosan mengerjakan semua soal.

4. Memahami materi pelajaran, bukan hanya membaca dan menghafal.

5. Selalu melakukan kegiatan yang bermanfaat.

6. Disiplin menjaga kesehatan.

7. Refreshing atau melakukan kegiatan yang menyenangkan dan disukai, seperti jalan-jalan atau menonton.

8. Terus berdoa, termasuk bangun malam untuk salat tahajud an belajar.

9. Berserah diri kepada Allah SWT. Apapun hasil yang diperoleh itulah yang terbaik.

Baca Juga: Soal Matematika Dianggap Susah, Akun Instagram Kemdikbud Banjir Curhatan Pejuang UNBK

Dengan nilai UN tertinggi se-Jawa Barat untuk penjurusan IPS itu, prestasi pun mengikuti. Ninda sudah diterima di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) melalui jalur undangan SNMPTN.

Selain Ninda yang meraih nilai tertinggi di jurusan IPS, sesuai data Dinas Pendidikan Jawa Barat, Sabtu (11/5/2019), Dipasukha Edbert dari SMA Kristen Penabur Harapan Indah (Kota Bekasi) memperoleh nilai UN tertinggi untuk jurusan IPA. Dia memperoleh nilai 400.

Adapun untuk jurusan bahasa, peraih nilai UN tertinggi se-Jawa Barat diraih Antonetta Putri Cantika dari SMA Santa Angela (Kota Bandung) dengan nilai 385,5.

(Ilma De Sabrini)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini