nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebut Pembunuh Gandhi "Teroris Pertama India", Eks Bintang Bollywood Dikecam

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 14 Mei 2019 17:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 14 18 2055616 sebut-pembunuh-gandhi-teroris-pertama-india-eks-bintang-bollywood-dikecam-VUqI2Q7bd6.jpg Kamal Haasan pada 2013. (Foto: Reuters)

NEW DELHI - Bintang Bollywood yang banting setir menjadi politikus Kamal Haasan menghadapi kritik keras bahkan tuntutan agar dia ditangkap atas klaimnya baru-baru yang menyebut bahwa "teroris pertama" independen India adalah seorang nasionalis Hindu yang membunuh Mahatma Gandhi.

Haasan, yang memimpin partai kecil Makkal Needhi Maiam (Pusat Keadilan Rakyat) yang berpusat di Negara Bagian Tamil Nadu, membuat komentar itu di sebuah acara kampanye pada Minggu. Pada kesempatan itu dia mengambil kesempatan untuk menyerang partai berkuasa BJP pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi dengan menuduhnya melakukan pembagian berdasarkan kasta dan agama.

"Saya tidak mengatakan ini hanya karena di sini adalah daerah yang didominasi Muslim," kata Haasan kepada orang banyak saat berbicara dalam bahasa Tamil sebagaimana dilansir RT, Selasa (14/5/2019).

“Mereka menyerang saya karena mengatakan bahwa ekstremisme Hindu ada di India. Saya mengatakan bahwa teroris pertama independen India adalah seorang Hindu. Namanya adalah Nathuram Godse, ”katanya, merujuk pada nasionalis Hindu yang menembak dan membunuh Gandhi pada 1948.

“Orang India yang baik menginginkan kesetaraan dan menginginkan tiga warna dalam tiga warna (bendera) tetap utuh. Saya orang India yang baik, saya akan dengan bangga menyatakan hal itu,” tambah Haasan.

Para kritikus dengan cepat mengecam Haasan atas komentarnya yang mengaitkan umat Hindu dengan terorisme. Muncul juga serangkaian seruan di Twitter menuntut penangkapan bintang Bollywood itu karena mempromosikan pidato kebencian. Beberapa pendukung BJP menuduhnya mengemis suara dengan memenuhi tuntutan minoritas India.

Namun, ada juga orang-orang yang membela sikap Hassan.

“Jadi, menurut BJP, Godse adalah seorang aktivis perdamaian. Bagus, ” kata seorang komentator. Yang lain mengatakan tidak ada yang salah dengan menyebut pembunuh "Bapak Bangsa" sebagai teroris, sambil menambahkan," Jika Anda tidak ingin mendengar kata-kata seperti 'Terorisme Hindu', tolong berhenti mengatakan teroris Muslim juga."

Ini bukan pertama kalinya pernyataan Haasan tentang kekerasan politik oleh umat Hindu membuatnya mendapatkan kecaman. Pada 2017, partai yang berkuasa menyebut sang aktor "rabun dan kurang ajar" ketika ia menyarankan beberapa kelompok Hindu memeluk ekstremisme.

(dka)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini