nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gara-Gara Mabuk, Seorang Pria di China Muntahkan Tumor dari Mulutnya

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 21:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 15 18 2056051 gara-gara-mabuk-seorang-pria-di-china-muntahkan-tumor-dari-mulutnya-MFSCrecKFl.jpg Foto: Oriental Daily.

HUNCHUN - Seorang pria berusia 63 tahun di China baru-baru ini menjadi topik pemberitaan media setelah dilaporkan memuntahkan tumor usai acara minum-minum dengan teman-temannya. Akan tetapi, karena ketakutan, pria itu malah menelan kembali tumor yang telah hampir dia muntahkan.

Diwartakan Oddity Central, pria dari Kabupaten Hunchun, Provinsi Hubei yang tidak disebutkan namanya itu diduga telah merasa tidak nyaman di tenggorokannya selama beberapa waktu, tetapi karena kondisi itu tidak banyak menghalangi napasnya atau membuatnya kesulitan menelan, ia tidak pernah mencari pengobatan medis.

Namun, pekan lalu, setelah minum terlalu banyak, pria itu mulai merasa mual. Kondisi tersebut bukan tidak biasa dialami setelah sesi minum-minum yang yang lama, hanya saja kali ini, ketika siap untuk muntah, pria itu merasakan sakit yang tajam di tenggorokan bagian bawahnya diikuti oleh kehadiran yang mengganggu dari sepotong besar daging di mulut.

Anehnya, daging itu sepertinya melekat pada sesuatu, sehingga pria yang sedang mabuk itu tidak bisa begitu saja memuntahkannya. Pada akhirnya dia memutuskan untuk meneguk segelas air dan menelannya kembali.

Untungnya, pria itu punya akal sehat untuk benar-benar menemui dokter setelah kejadian aneh yang dia alami. Setelah mendengar ceritanya dan melakukan pemeriksaan endoskopi, dokter di Rumah Sakit Wuhan menemukan bahwa daging misterius itu adalah tumor yang tumbuh di bagian atas kerongkongan pria tersebut.

Pria itu menggambarkan benda yang muncul ke mulutnya ketika dia muntah sebagai "lidah bercabang panjang", deskripsi yang masuk akan mengingat tumor itu panjangnya mencapai 15 cm.

Dokter kemudian mengangkat tumor yang diidentifikasi sebagai sebuah fibroma itu, dengan operasi untuk mencegah komplikasi lebih jauh. Fibroma dapat tumbuh pada organ apa saja dan umumnya jinak, tetapi tergantung pada lokasinya, mereka masih dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Dalam kasus yang dialami pria itu, pertumbuhan fibroma yang berlebihan bisa membuat pasien sulit untuk menelan. Para ahli di China juga mengatakan bahwa pertumbuhan tumor itu juga bisa menjadi ganas di beberapa titik.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini