nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bedah Buku Pidato Soekarno, dari Kondisi Politik hingga Ekonomi

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 12:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 15 65 2055944 bedah-buku-pidato-soekarno-dari-kondisi-politik-hingga-ekonomi-MPkz0wAhqM.jpg Foto: Taufik Okezone

JAKARTA - Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-39, Perpustakaan Nasional RI menggelar acara bedah buku bertemakan 'Djangan Sekali-kali Meninggalkan Sedjarah' di Gedung Perpustakaan Nasional RI Jakarta.

Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI, Sri Sumekar mengatakan bahwa sejarah tidak boleh ditinggalkan dan selalu relevan.

"Bedah buku tersebut, bakal mengupas tuntas pemikiran Soekarno perihal pergolakan politik, sejarah revolusi bangsa dan kondisi ekonomi pada masa itu," ujar dia, Rabu (15/5/2019).

 Baca Juga: Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Sementara itu, penulis buku Roro Daras mengatakan bahwa sebagai penerus bangsa dan meneruskan perjuangan yang sudah dirintis oleh para pendahulu dengan penuh pengorbanan. Maka itu, jangan disia-siakan hal-hal yang positif yang sudah ada.

"Hari ini merupakan bagian masa lalu dan masa depan ditentukan hari ini. Kalau hari ini materialnya merah akan menjadi merah, kalau materialnya biru akan jadi biru. Jadi, kalau hari ini materinya persatuan, masa depan akan terjadi persatuan. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan," kata dia.

'Djangan Sekali-kali Meninggalkan Sedjarah' adalah judul pidato yang disampaikan Presiden Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1966. Pada orasinya, Soekarno menyampaikan perjalanan bangsa dan negara Indonesia selama 21 tahun pasca-proklamasi kemerdekaan.

 Baca Juga: Jangkau Penjuru Dunia, Perpustakaan Nasional Luncurkan Khastara

Bedah buku itu menghadirkan Roesdy Hoesein (Sejarawan), Suyatno (Akademisi), dan Roro Daras (Penulis buku). Dengan moderator Kalarensi Naibaho dari Universitas Indonesia.

Acara tersebut juga dihadiri oleh 250 peserta dari berbagai kalangan, seperti mahasiswa, pelajar, insan media dan masyarakat umum.

(rhs)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini