nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Tengah Keterbatasan Ekonomi, Hafid Mampu Raih Nilai UNBK Sempurna

Bramantyo, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 16:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 15 65 2056092

SOLO - Ananda Hafid Rifai Kusnanto (17) mendadak menjadi topik yang hangat bagi pembicaraan masyarakat luas. Sebab, siswa kelas XII IPA 6 di SMAN 4 Solo itu memperoleh nilai sempurna di Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). 

Hafid yang merupakan anak pertama dari pasangan Amat Kusnanto dan Supatmi ini, mendapatkan nilai 100 pada masing-masing mata pelajaran yang diujikan saat UNBK, yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Kimia, dan Bahasa Inggris. 

Ketika Okezone menemui Hafid di sekolahnya Rabu (15/5/2019), pelajar kelahiran 2001 itu tengah sibuk melayani wawancara dari para wartawan, baik cetak, online dan televisi.

"Buat Ibu," jawab Hafid singkat mengawali pembicaraan saat ditanya mengenai motivasi penyemangat dirinya hingga mendapatkan nilai sempurna saat UNBK. 

Ananda Hafid Rifai Kusnanto, siswa yang menerima nilai sempurna saat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Menurut Hafid, dirinya hanya ingin memberikan yang terbaik untuk sang Ibu. Sejak Ayahnya meninggal dunia, praktis Ibunya yang menggantikan peran sang ayah untuk mencari nafkah. Hal itu dilakukan dengan berjualan mainan untuk menghidupi dirinya dan tiga orang adiknya.

Sehingga dengan kondisi ekonomi keluarganya yang sangat terbatas, Hafid tak pernah mempunyai angan-angan untuk bisa mengikuti bimbingan belajar (bimbel), seperti teman-temannya guna persiapan menghadapi UNBK. Dia hanya bisa membekali diri dengan belajar setiap malam, mempelajari semua soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya. Hal itu dilakukannya usai terlebih dahulu membantu sang Ibu berjualan di pasar, meski demikian Hafid menilai ini tak menjadi beban untuk dirinya.

Baca Juga: Soal Matematika Dianggap Susah, Akun Instagram Kemdikbud Banjir Curhatan Pejuang UNBK

Termasuk saat dirinya hendak berangkat sekolah, Hafid pun kembali mengulang rumus-rumus soal yang sudah dihapalkannya. "Hanya itu saja, tidak ada strategi khusus,” ujar Hafid.

Upaya serta pengorbanan Hafid kini berbuah manis. Dia pun mengaku, tidak mengira bisa mendapatkan nilai yang sangat sempurna di empat mata pelajaran UNBK. Malah sebaliknya, dengan rendah hati, Hafid mengatakan, bila nilai yang didapatkannya itu hanyalah sebuah faktor keberuntungan belaka. 

Nilai UTBK Ananda Hafid Rifai Kusnanto sempurna, yakni masing-masing pelajaran mendapatkan nilai 100.

Kini Hafid pun sudah diterima di Universitas Gadjah Mada (UGM) jurusan Teknik Elektro. Dia lolos melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). 

"Saya sudah lolos masuk perguruan tinggi negeri di UGM jurusan Teknik Elektro," katanya. 

Karena rumahnya di wilayah Desa Wirogunan, RT 02 RW 03 Kecamatan, Kartasura Sukoharjo, setiap harinya Hafid pun harus naik bus ke sekolah. "Terkadang juga diantar ibu, tapi seringnya naik bus," ucapnya.

Baca Juga: 9 Kiat Belajar Ninda Maghfira, Peraih Nilai UN Tertinggi se-Jawa Barat

Selain mendapatkan nilai sempurna dalam UN, berkat hobinya di dunia astronomi Hafid berhasil meraih medali perak dalam Olimpiade Astronomi tingkat nasional di Riau pada 2017 saat dirinya di kelas X. Hadiahnya mendapatkan beasiswa keringanan membayar SPP hingga 3 tahun.

Saat ini Hafid juga sedang berjuang untuk kembali mengikuti seleksi untuk Olimpiade Astronomi yang sudah masuk dalam penilaian 8 besar. (yau)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini