nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Langkah Mengemudi Menahan Emosi Selama Ramadan di Jalan Raya

Mufrod, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 16:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 16 15 2056513 langkah-mengemudi-menahan-emosi-selama-ramadan-di-jalan-raya-kndo8qfphH.jpg Ilustrasi mengemudi nyaman tanpa emosi (Foto: Ist)

JAKARTA - Kondisi lalu lintas sepanjang bulan ramadan terkadang berbeda dengan hari biasa, dimana banyak pengendara yang berlomba mengejar waktu untuk tiba dirumah sebelum waktu berbuka tiba. Sayangnya kondisi macet sering menjadikan banyak pengendara acuh menimbulkan minimnya ketertiban berlalu lintas. Hal tersebut sangat membuat banyak pengemudi mobil tentu harus bersabar dan menahan emosi.

“menjaga emosi saat berkendara sangat penting untuk dilakukan karena hal ini berkaitan dengan keselamatan berkendara, pastikan emosi selalu terkontrol saat Anda berkendara dan kondisi kendaraan Toyota Anda selalu prima dengan melakukan service rutin di bengkel-bengkel Auto2000 ” ungkap Ricky Martawijaya, Senior Division Head Auto2000.

Untuk menjaga mood dan menahan emosi di jalan raya akibat kondisi lalu lintas yang sangat jauh dari kata tertib, Auto2000 memiliki beberapa langkah untuk mencegah timbulnya emosi tersebut. Berikut beberapa langkahnya:

 

1. Bikin kabin nyaman

Membangun suasana kabin yang nyaman menjadi salah satu cara jitu mencegah emosi selam di jalan raya. Rasa tenang dan nyaman dalam kabin menjadi kunci utama pengemudi dalam mendukung kenyamanan di dalamnya.

Tambahkan pengharum kabin mobil agar suasana jadi terasa lebih rileks sepanjang perjalanan. Cari aroma yang soft namun tetap sesuai kepribadian Anda.

2. Dengarkan musik

Musik bisa menyebarkan aura rileks saat mengemudi. Tentu dengan catatan, bukan lagu yang super keras seperti aliran heavy metal yang malah meningkatkan stres.

Siapkan playlist lagu kegemaran Anda. Simpan dalam format mp3 di flashdisk dan pisahkan, bisa berdasarkan penyanyi, aliran, atau tahun.

 

3. Posisi berkendara

Posisi berkendara yang tepat bukan hanya membuat Anda dapat mengantisipasi segala kondisi, namun juga menciptakan suasana rileks dan nyaman.

Atur posisi duduk sesuai ilmu defensive driving. Duduk jangan terlalu tegak yang bikin cepat lelah, tapi juga tidak terlalu rebah yang malah sulit mengantisipasi keadaan.

Usahakan pegang setir dengan rileks, seperti ibu jari tidak dimasukkan dalam setir. Atau hindari posisi menggenggam seperti ingin memukul yang membuat Anda mudah terpancing emosi.

4. Pilih rute

Saat menjelang buka puasa, beberapa kawasan justru semakin macet dengan hadirnya pasar tumpah sebagai lokasi menjajakan panganan berbuka puasa.

Untuk itu, pilih rute yang bisa diandalkan sebelum jalan. Peta navigasi digital bisa dipakai sebagai bahan rujukan.

(muf)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini