nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Baru Dilantik, Perdana Menteri Ukraina Memilih Mundur

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 12:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 21 18 2058350 presiden-baru-dilantik-perdana-menteri-ukraina-memilih-mundur-V0v9z67ZP6.jpg Volodymyr Zelenky mundur dari Perdana Menteri Ukraina sebagai bentuk protes pembubaran parlemen oleh Predisen Zelensky. Foto/Reuters

KIEV - Perdana Menteri Ukraina Volodymyr Groysman memilih mengundurkan diri sebagai sikap protes terhadap pembubaran parlemen oleh Presiden yang baru dilantik, Volodymyr Zelensky.

Zelensky yang merupakan pelawak berusia 41 tahun dilantik sebagai presiden Ukraina setelah mencetak kemenangan besar atas Petro Poroshenko dengan kampanye yang memanfaatkan ketidakpuasan di tengah kemiskinan dan korupsi.

Satu-satunya pengalaman politik Zelensky adalah berperan sebagai presiden dalam sebuah acara TV yang populer di negara itu.

Foto/Reuters

Dia membubarkan parlemen untuk mengadakan pemilihan awal yang dijadwalkan mulai pada Oktober.

BacaMantan Presiden Ukraina Viktor Yanukovich Dihukum 13 Tahun Penjara terkait Pengkhianatan

Groysman secara resmi akan meninggalkan kantor pada Rabu (22/5).

"Saya telah membuat keputusan untuk mengundurkan diri setelah mengadakan pertemuan dengan pemerintah berikutnya pada hari Rabu," katanya saat briefing dengan wartawan di Kiev.

Groysman akan terus menjadi penjabat perdana menteri sampai pemerintah baru terbentuk setelah pemilihan yang akan datang.

"Presiden Zelensky mengambil alih semua tantangan di masa depan," kata Groysman.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini