nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miliarder Ini Lunasi Utang Biaya Pendidikan 396 Sarjana

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 11:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 21 65 2058329 miliarder-ini-lunasi-utang-biaya-pendidikan-396-sarjana-7YThRs3AF8.jpg Foto: Koran Sindo

ATLANTA - Miliarder Amerika Serikat (AS) Robert F Smith mengejutkan para sarjana yang baru lulus dari Morehouse College saat dia mengumumkan dalam pidato bahwa dia akan melunasi semua utang biaya pendidikan 396 mahasiswa.

“Jumlah total dana yang akan dia bayarkan itu masih dikalkulasikan,” ungkap Rektor Morehouse College David A Thomas pada CNN, kemarin. Meski demikian, jumlah dana itu diperkirakan mencapai puluhan juta dolar. Aksi kedermawanan yang mengejutkan ini pun membuat publik bertanya-tanya tentang sosok miliarder kulit hitam tersebut. Smith merupakan kulit hitam terkaya di AS dengan kekayaan bersih mencapai USD5 miliar menurut Forbes. Dengan kekayaan itu, dia jelas lebih kaya dibandingkan selebritas Oprah Winfrey. Smith mendirikan firma investasi Vista Equity yang mengelola dana sebesar USD46 miliar, menurut laman perusahaan itu. Pada 2019, Smith berada di peringkat ke-355 Daftar Miliarder Forbes. Dia merupakan anak guru yang memulai karier sebagai engineer kimia untuk Goodyear dan Kraft.

Baca Juga: Moses Mayer Penemu Aplikasi Pengelolaan Sampah yang Mengidolakan Habibie

Dia kuliah bisnis di Columbia University dan berinvestasi di sektor teknologi, bekerja untuk Goldman Sachs sebelum memulai Vista Equity pada 2000. Smith meyakini potensi teknologi dalam menciptakan kapital dan kekayaan untuk orang di penjuru dunia serta memperbaiki kehidupan. “Intelektual kapital menjadi mata uang baru bisnis dan keuangan serta kekuatan otak yang menjanjikan untuk menggerakkan individu, keluarga, dan seluruh komunitas dari kemiskinan menuju kesejahteraan dalam satu generasi yang tidak per nah lebih mungkin di bandingkan pada momen ini,” tulis dia dalam esai untuk Giving Pledge. Dia juga memperingatkan bahwa tidak setiap orang mampu meraih potensi itu.

“Potensi bukan jaminan kemajuan. Kita hanya akan mendapatkan potensi itu dalam masa kita jika kita menciptakan jalur landai yang memberdayakan semua orang untuk berpartisipasi, tidak melihat latar belakang, negara asal, praktek religius, gender, atau warna kulit,” tutur dia. Smith merupakan orang yang sangat yakin pada pepatah bayar di depan. Sebelum mengumumkan melunasi utang biaya pendidikan ratusan sarjana itu, dia telah menyumbang USD1,5 juta pada Morehouse College untuk beasiswa dan pembangunan taman baru.

Pada 2016, dia menjanjikan donasi USD50 juta untuk Universitas Cornell yang menjadi salah satu almamaternya untuk mendukung fakultas teknik kimia dan biomolekuler serta bagi para mahasiswa teknik perempuan dan kulit hitam.

(Syarifudin)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini