nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Partai Pimpinan PM Modi Raih Kemenangan Bersejarah dalam Pemilu India

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 23 Mei 2019 17:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 23 18 2059593 partai-pimpinan-pm-modi-raih-kemenangan-bersejarah-dalam-pemilu-india-APOhZFtQkJ.jpg Foto: Reuters.

NEW DELHI – Partai pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi meraih kemenangan bersejarah dalam pemilihan umum (Pemilu) pada Kamis. Klaim kemenangan itu disampaikan Menteri Luar Negeri Sushma Swaraj yang juga duduk sebagai salah satu pemimpin senior partai berkuasa Bharatiya Janata Party (BJP).

Data resmi dari Komisi Pemilihan Umum India menunjukkan BJP pimpinan Modi unggul dengan 292 dari 542 kursi yang tersedia, jauh di atas 272 kursi yang dibutuhkan untuk menjadi mayoritas di majelis rendah parlemen.

Keunggulan itu akan menjadikan BJP sebagai mayoritas secara berturut-turut untuk satu partai sejak 1984. Hasil penghitungan sementara menunjukkan bahwa oposisi utama Partai Kongres berada di urutan terdepan dengan 51 kursi.

Melalui cuitan di Twitter, Swaraj mengatakan bahwa BJP telah memperoleh sebuah kemenangan besar.

Posisi mayoritas untuk partai Modi kemungkinan akan membuat kelompok-kelompok Hindu, yang ingin menegaskan dominasi mereka di negara itu semakin berani sementara di sisi lain memberikan peringatan bagi kalangan Muslim minoritas.

Itu juga akan memungkinkan Modi untuk terus maju dengan program reformasi untuk memerangi pengangguran dan kesulitan di pedesaan yang telah bertahan selama lima tahun masa pemerintahannya.

Laporan NDTV yang dilansir Reuters, Kamis (23/5/2019) menyebutkan bahwa dua jam setelah penghitungan 600 juta suara yang masuk dimulai, koalisi Aliansi Nasional Demokratik (NDA) yang dipimpin BJP unggul dengan 324 kursi dari koalisi oposisi Aliansi Persatuan Progresif yang memperoleh 111 kursi.

Baik NDTV mau pun saluran televisi CNN News 18 telah menyatakan pemilu ini dimenangi oleh koalisi Modi.

Hasil akhir penghitungan suara akan diketahui pada Kamis.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini