nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Angkasa Pura I: Extra Flight untuk Mudik Lebaran 2019 Turun Drastis

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Sabtu 25 Mei 2019 11:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 24 337 2059962 angkasa-pura-i-extra-flight-untuk-mudik-lebaran-2019-turun-drastis-cxZR4TcYL5.jpg ilustrasi (Foto: Okezone)

MENYUSUL mahalnya harga tiket pesawat beberapa waktu terakhir, Direktur Operasional PT Angkasa Pura I (Persero), Wendo Asrul Rose menyebut bahwa terjadi penurunan signifikan terhadap jumlah penerbangan tambahan (extra flight) oleh maskapai untuk musim mudik lebaran tahun ini. Jumlah penerbangan tambahan itu tercatat hanya 1.682 penerbangan saja.

"Jumlah tersebut turun drastis dari yang diajukan tahun lalu sebanyak 5.245 penerbangan," kata Wendo belum lama ini.

Menurutnya, tersambunganya Jalan Tol Trans Jawa dari Merak hingga Probolinggo, Jawa Timur membuat extra flight yang diajukan maskapai tahun ini jauh berkurang. "Jadi, dengan moda transportasi lain (yang lewat) seperti Tol Trans Jawa ini jelas (berpengaruh)," ujar dia.

Kepadatan Penumpang di Bandara

Wendo mengatakan, dua bandara yang mengalami penurunan tambahan penerbangan dari maskapai berada di Surabaya dan Yogyakarta. Rinciannya, khusus untuk Surabaya, tambahan yang diajukan tahun ini hanya sekitar 500 penerbangan. Padahal jika melihat jumlah tahun lalu bisa mencapai 1.598 penerbangan. Akan tetapi realisasi tahun lalu hanya sebanyak 263 penerbangan saja.

"Sedangkan di Yogyakarta, maskapai hanya mengajukan 297 penerbangan. Padahal tahun lalu, bisa 598 penerbangan. Realisasinya pun rendah, hanya 215 penerbangan. Jadi, totalnya realisasi extra flight tahun ini hanya 1.276 penerbangan atau hanya 24,32 persen," tuturnya.

Airnav Siapkan 1.336 Extra Flight

Airnav Indonesia menyebut pihak maskapai menyiapkan jadwal penerbangan tambahan (extra flight) pada masa angkutan lebaran tahun 2019 nanti. Tujuannya, untuk melayani pemudik saat Lebaran nanti.

Maskapai Pesawat Terbang

Direktur Utama (Dirut) Airnav Indonesia, Novie Riyanto mengatakan, terdapat 1.366 slot domestik dan 44 penerbangan internasional yang diminta oleh pihak maskapai penerbangan. Angka permintaan tambahan penerbangan ini lebih tinggi ketimbang tahun lalu.

“Ada permintaan tambahan penerbangan selama periode Lebaran sebanyak 1.336 slot domestik dan 44 untuk slot internasional. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu,” kata Novie belum lama ini.

Novie mengklaim, ada delapan bandara yang sudah ditetapkan beroperasi 24 jam untuk menghadapi musim mudik lebaran. Adapun bandara tersebut yakni Batam, Denpasar, Halim Perdanakusuma, Soekarno-Hatta, Manado, Makassar, Medan, dan Surabaya.

Infografis Mudik Lebaran 2019

Sebanyak 3.890 personel pun akan diterjunkan untuk menyukseskan angkutan lebaran penerbangan yang tersebar di seluruh bandara. "Kami terus memastikan semua fasilitas navigasi berjalan normal dan personel melaksanakan tugas pelayanan dengan sebaik mungkin,” kata dia.

Sedangkan arus mudik penerbangan lanjut Novie, kemungkinan akan terjadi pada 29 Mei 2019 dan arus balik pada 9 Juni 2019 mendatang. Dia pun mengaku optimistis pihaknya mampu melayani seluruh pemudik dengan baik.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini