nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hadiri Wisuda Untar, Wabup Belitung: Anak Muda Cerdas, Ayo Balik ke Kampung Halaman!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 25 Mei 2019 14:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 25 65 2060285 hadiri-wisuda-untar-wabup-belitung-anak-muda-cerdas-ayo-balik-ke-kampung-halaman-04kLfst1Q2.jpg Wakil Bupati Belitung, Isyah Meirobie (Foto: Muhammad Sukardi/Okezone)

JAKARTA - Pemerataan ekonomi bangsa harus terealisasi. Ini dilakukan demi terciptanya negara yang kuat dan berdaya saing tinggi.

Itu kenapa banyak daerah di wilayah Indonesia terus dikembangkan, baik dalam hal perindustrian maupun bidang pariwisata. Salah satu wilayah yang semakin berkembang dalam hal pariwisata ialah Belitung. Wilayah yang dulunya daerah tambang, kini jadi destinasi pariwisata yang masuk dalam 10 Bali Baru Indonesia.

Capaian ini ternyata tak lepas dari perombakan yang dilakukan pemerintah daerahnya. Seperti yang dikatakan Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, bahwa aset wisata alam yang begitu indah di Belitung harus dikembangkan dan terbukti berhasil.

Isyak melanjutkan, hal ini tak lepas dari ide pemikiran intelektual yang dikombinasikan dengan kreativitas. Dan siapa sangka, hal itu dia dapatkan dari bangku perkuliahan. Hal luar biasa lainnya ialah, Isyak ternyata lulusan Fakultas Seni Rupa dan Design Universitas Tarumanagara. Bidang yang jauh sekali jika dikaitkan dengan pemeritahan, bukan?

"Tapi, dari dua hal yang berbeda itu saya malah mendapat ilmu yang luar biasa. Saya bisa melihat dalam dua sisi, baik terkait dengan pemerintahan maupun estetika sesuatu," paparnya saat diwawancarai Okezone di acara Wisuda Universitas Tarumanagara di JCC, Sabtu (25/5/2019).

Selain bicara mengenai pengembangan wilayah Belitung, Isyak menitipkan satu pesan yang luar biasa. Dia sangat berharap anak muda yang memiliki intelektualitas atau terpelajar, mau kembali ke kampung halaman. Hal ini berkaitan dengan pemerataan ekonomi dan tentunya mengembangkan daerah asal yang mungkin belum maju.

Dengan adaya sosok anak muda cerdas di suatu daerah, itu akan memdompleng daerah tersebut dan akan muncul inovasi di sana. Jadi, setelah Anda bersekolan tinggi di ibukota atau bahkan luar negeri, tidak ada ruginya kembali ke kampung halaman.

"Dengan Anda balik ke kampung halaman, Anda akan bisa mengubah daerah tersebut dan bisa mendapatkan kesempatan luar biasa dalam hal pekerjaan. Anda bisa jadi manager atau bahkan CEO sendiri di sana dan dengan begitu, Anda pun membangun daerah kampung halaman. Lebih jaub lagi, Anda membangun Indonesia ke arah yang lebih baik," papar Isyak yang ternyata alumnus Universitas Tarumanagara Jakarta.

Dia menambahkan, jika merasa tidak akan ada peluang di kampung halaman, baginya itu pemikiran salah! Sebagai seseorang yang memiliki pendidikan baik, ketika peluang itu belum begitu terlihat, maka maka harus menciptakan inovasi.

"Sebagai anak muda yang cerdas, Anda pun diharapkan mampu menciptakan kesempatan tersebut dan jika itu bisa tercipta, maka mimpi daerah bisa menjadi besar sangat mungkin terjadi. Ilmu inovasi yang saya miliki pun saya dapatkan dari Universitas Tarumanagara karena di kampus ini, saya dibentuk untuk selalu mencipta inovasi," tambah Isyak lantas tersenyum.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini