nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kota Ini Melarang Warganya Gunakan Mobil Tua

Mufrod, Jurnalis · Selasa 04 Juni 2019 14:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 03 15 2063273 kota-ini-melarang-mobil-tua-warganya-gunakan-mobil-tua-WpriRrunCv.jpg ilustrasi mobil listrik BYD (foto: Ist)

MADRID - Ditengah ketatnya regulasi emisi yang diterapkan banyak negara, salah satunya Spanyol membuat beberapa aturan membatasi penggunaan mobil tua dengan produksi tahun lama dilarang beroperasi.

Seperti yang dilakukan di Madrid ibukota Spanyol telah mengeluarkan aturan larangan beroperasinya kendaraan roda empat dengan batas produksi tahun 2000 kebawah. Dengan aturan tersebut, mobil-mobil tua tentu tidak diperbolehkan masuk ibukota ini.

 Mobil listrik

Pengetatan aturan tersebut, tentu bukan tanpa alasan. Tujuannya tak lain, untuk mengurangi kadar emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan tua. Mobil yang boleh digunakan sendiri merupakan mobil dengan batas emisi yang telah ditentukan semisal mobil dengan standarisasi minimal euro 4. ataupun mobil hybrid dan listrik.

Tingginya emisi yang dihasilkan mobil lama, berkontribusi pada kondisi lingkungan yang dinilai kurang sehat bagi warganya. Langkah ini juga dilakukan untuk mengurangi tingkat kemacetan yang sering terjadi di negara tersebut.

Zona rendah emisi baru mencakup 472 hektar (1.166 hektar), dan kendaraan bensin yang terdaftar sebelum tahun 2000 dan yang diesel yang terdaftar sebelum 2006 dilarang masuk, kecuali jika digunakan oleh penduduk atau memenuhi pengecualian lainnya.

 

Sebagai implementasi aturan tersebut, Pemerintah setempat juga terus mendorong penggunaan mobil listrik. Dimana kota ini juga memiliki lebih dari 110 charger mobil untuk mendorong elektrifikasi, dengan Nissan menambahkan 36 lagi untuk digunakan selama dan setelah Final Liga Champions, berlangsung pada hari Sabtu, 1 Juni. Demikian seperti dikutip dari Carscoops.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini