nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terjebak Macet Arus Balik Mudik, Kenali Risiko Tak Lakukan Sirkulasi Udara di Kabin

Mufrod, Jurnalis · Minggu 09 Juni 2019 10:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 08 15 2064617 terjebak-macet-arus-balik-mudik-kenali-risiko-tak-lakukan-sirkulasi-udara-di-kabin-8IUNzHz3lr.jpg Ilustrasi arus mudik (foto: Ist)

JAKARTA - Terjebak macet di perjalanan arus balik mudik memiliki risiko yang jarang diketahui pengemudi. Salah satunya yakni suhu ruangan yang dipertahankan tanpa adanya sirkulasi udara dari luar.

Pada kondisi cuaca terik di siang hari, banyak pemudik yang bertahan menggunakan pendingin udara kabin dengan waktu yang lama. Bahayanya membiarkan suhu kabin tetap dingin dengan kondisi kendaraan diam bisa menimbulkan gas CO2 yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Menurut Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp. P(K), gas CO2 akan terakumulasi di dalam kabin. Sehingga dapat menyebabkan kantuk, pusing, dan keluhan lainnya karena keracunan udara.

 

Karenanya pemudik dianjurkan untuk membuka jendela dalam beberapa waktu agar terjadi sirkulasi dari udara pendingin yang ada pada kabin keluar dan terjadi sirkulasi yang baik. Sehingga risiko pengemudi dan penumpang menghirup gas CO2 yang berasal dari kebocoran gas buang mesin bisa terhindarkan.

"Kalau terjebak macet yang cukup lama, kita khawatir akan ada banyak kandungan gas berbahaya di dalam mobil. Hal ini bisa muncul dari kebocoran kendaraan yang akhirnya memproduksi gas CO2 berlebihan, bisa juga dari napas penumpang yang mengeluarkan CO2," pungkasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini