nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nissan di Atas Angin, Pemerintah Prancis Siap Lepas Saham Renault

Mufrod, Jurnalis · Selasa 11 Juni 2019 10:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 11 15 2065194 nissan-di-atas-angin-pemerintah-prancis-siap-lepas-saham-renault-NA816by8j0.jpg Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi (Foto: Ist)

PARIS - Nissan Motor Company tengah berada di atas angin soal aliansi yang tengah diperkuat dan pergantian pimpinan pasca Carlos Ghosn ditangkap. Hadirnnya Fiat Chrysler Automobiles yang ingin bergabung ke aliansi dan belakangan dikabarkan batal, membuat pemerintah Prancis berani melepas sahamnya di Renault.

Dalam keterangan resmi yang dilansir Carscoops, pemerintah Prancis, melalui Menteri Keuangannya, Bruno Le Maire mengungkap bahwa pemerintah siap melepas saham 15 persen kepada Nissan. Pemerintah Prancis diketahui memiliki saham terbesar di Renault meski produsen mobil tersebut telah beraliansi dengan Nissan.

 

"Pemerintah bisa mengurangi saham kepemilikan di Renault, dan kita memiliki sektor otomotif yang solid untuk memperkuat aliansi antara Renault dan Nissan," kata Menteri Keuangannya, Bruno Le Maire.

 

Namun sayangnya, tarik ulur terhadap pernyataan Menteri Keuangan Prancis tersebut bersifat kondisional, dimana Le Maire seperti dikutip dari Bloomberg telah melakukan klarifikasi pernyataanya yang menyebutkan tidak terburu-buru melepas sahamnya tersebut.

Nissan sendiri sejak menggandeng Renault hingga kini masih belum bisa mengambil alih perusahaan automotif tersebut, mengingat pemerintah Prancis masih memiliki saham mayoritas dibanding produsen automotif asal Jepang yang telah menolongnya dari kondisi keterpurukan.

Tawaran pemerintah Prancis kepada Nissan sendiri, tak lepas dari posisi Renault yang meminta dukungan dalam aliansi. Hal tersebut membuat FCA akhirnya memutuskan untuk membatalkan masuk pada aliansi yang saat ini terdapat tiga produsen Nissan, Renault dan Mitsubishi.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini