nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Populasi Mobil Listrik Meningkat, Imbas Tagihan Konsumen Meningkat

Mufrod, Jurnalis · Selasa 11 Juni 2019 13:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 11 15 2065263 populasi-mobil-listrik-meningkat-imbas-tagihan-konsumen-meningkat-DbIujTauPW.jpg Ilustrasi mobil listrik (Foto: Ist)

OSLO - Ditengah kampanye penggunaan mobil listrik serta pemberiaan insentif yang sangat menguntungkan bagi konsumen, populasi mobil ramah lingkungan ini membuat tagihan listrik konsumen membengkak.

Berdasarkan studi dari lembaga survei di Norwegia yang memiliki peningkatan populasi kendaraan listrik mencapai 60 persen. Berdampak pada beban listrik yang harus dipasok untuk memenuhi kebutuhan pengisian kendaraan listrik.

 

Uniknya peningkatan penggunaan daya listrik terjadi pada sore hari dimana banyak pemilik mobil listrik mengisi tenaga baterai mobilnya di jam dengan beban daya yang sangat besar.

Dengan kondisi seperti ini lembaga suvei Poyry mengungkap konsumen akan mengalami kenaikan tagihan dari kebutuhan pengisian mobil listrik yang digunakannya. Beban besar juga akan berdampak pada fasilitas infrastruktur penyediaan pembangkit tenaga listrik yang lebih besar.

Pemerintah Norwegia sendiri diperhitungkan harus menyediakan alokasi dana pembangunan infrastruktur pembangki sebesar 11 miliar crown atau setara Rp18 triliun hingga waktu 20 tahun kedepan.

 

Kebutuhan yang diungkap Poyry yakni pemerintah Norwegia harus melakukan investasi 60 persen pembangunan jaringan bertegangan rendah, 10 persen gardu, 28 persen jaringan tegangan tinggi dan 2 persen untuk transformator tegangan tinggi.

Lembaga ini juga memperkirakan populasi mobil listrik akan mencapai 1,9 juta unit pada 2040 dimana dibutuhkan tenaga listrik sekira 5 tera watt jam setiap tahunnya. Untuk mengurangi tagihan dan kebutuhan daya besar, para pemilik mobil listrik bisa melakukan pengisian selain di jam sibuk atau sore hari.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini