nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mitos Atau Fakta, Panaskan Mesin Mobil Matik Jangan di Posisi P

Mufrod, Jurnalis · Rabu 12 Juni 2019 11:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 12 15 2065584 mitos-atau-fakta-panaskan-mesin-mobil-matik-jangan-di-posisi-p-dpqXQv54x1.jpg Transmisi matik (foto: Ist)

JAKARTA - Mobil dengan transmisi matik saat ini telah menjadi pilihan banyak konsumen, karena dinilai lebih nyamana digunakan saat kondisi macet. Belakangan juga berkembang informasi terkait memanaskan mobil tuas transmisi matik harus berada pada posisi N (netral) bukan di P (parking).

Dengan posisi tuas transmisi Netral oli transmisi akan melumasi seluruh komponen transmisi matik. Sedangkan jika pada posisi P, pelumas transmisi tidak akan melumasi komponen yang dinilai berakibat rusaknya komponen pada transmisi matik.

Menanggapi hal tersebut, pemilik bengkel DMD Auto Part CBU, Maulana menegaskan bahwa hal tersebut merupakan mitos belaka. Meski dirinya mengungkap saat memanaskan mobil pada posisi N, sistem pelumasan cepat bekerja dibanding pada posisi P.

 

"Posisi paling aman saat memanaskan mobil memang harus pada posisi P dibanding N, karena jika di posisi N dikhawatirkan pengemudi lupa dan menurunkan tuas ke posisi D yang sangat berbahaya saat memanaskan mobil," katanya.

Penempatan tuas transmisi P merupakan posisi paling aman jika pengemudi ingin memanaskan mesin mobil di waktu awal. Jangan pernah memposisikan pada posisi N, yang bisa berisiko mobil lompat karena pengemudi tentu menekan pedal gas saat memanaskan mesin mobil.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini