nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bengkel Mobil Tanah Air Tertinggal dengan Vietnam?

Mufrod, Jurnalis · Rabu 12 Juni 2019 12:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 12 15 2065602 bengkel-mobil-tanah-air-tertinggal-dengan-vietnam-Xt90zm8aRi.jpg Bengkel di Vietnam gunakan mesin-mesin canggih (foto: Ist)

JAKARTA - Bengkel merupakan fasilitas jasa bagi industri automotif, di Indonesia sendiri perkembangan bengkel mobil dinilai kalah canggih. Dibanding dengan Vietnam, yang telah menggunakan banyak mesin canggih dengan akurasi pendeteksi masalah pada kendaraan yang lebih detil.

Jaringan bengkel di Vietnam sendiri terbilang sangat agresif dalam melakukan terobosan dibanding bengkel di Indonesia yang dinilai lebih mengutamakan tampilan interior dibanding dengan perangkat mesin canggih untuk memberikan pelayanan terhadap perbaikan yang lebih maksimal.

 

Para pembisnis perbengkelan di Vietnam lebih senang berinvestasi pada mesin – mesin bengkel ketimbang harus mengeluarkan uang banyak untuk urusan desain dan penampakan interior bengkel. alhasil mesin – mesin yang mereka pilih pun sangat canggih sesuai kebutuhan mereka.

“Mengapa kami memilih Hunter sebagai penunjang bengkel kami karena Hunter satu – satunya yang mendukung kinerja bengkel kami, baik dari sisi kecepatan, akurasi dan efisiensi, tak terkecuali pemerintahan kami sangat ketat dalam peraturan berkendara terutama dari segi keamanannya dan pemerintahan kami sangat memperhatikan itu”. Tutur Mr. Son pemilik bengkel Nha ti Tire Hanoi.

 

Meski demikian, beberapa jaringan bengkel di Indonesia beberapa waktu lalu mengunjungi langsung bengkel modern yang ada di Vietnam. Himawan Putra Corp dan para Mitra bengkelnya di Indonesia melakukan studi banding ke Vietnam. Benar saja, ternyata mesin yang digunakan di bengkel-bengkel Vietnam merupakan mesin-mesin canggih yang dioperasikan secara otomatis. Hal ini didukung juga dengan pekerja mereka sangat gesit sehingga mereka bisa meningkatkan produktifitas dan efisiensi mereka.

Dalam kunjungan tersebut, para jaringan bengkel di Indonesia, diperkenalkan dengan bengkel yang menjadi wakil dari Hunter Engineering Company Vietnam dan diajak pula mengunjungi beberapa bengkel di sekitar Hanoi untuk melihat perkembangan bisnis bengkel di Vietnam. “ Kami (Himawan Putra Corp.) mencoba memberikan sudut pandang dan strategi bisnis dengan mengajak para mitra kami untuk dapat membandingkan dan melihat perkembangan teknologi dan bisnis bengkel disini (Vietnam)” tutur Faizal Ramadani, Marketing Manager Himawan Putra Corp.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini