nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Menarik Pendaftaran SBMPTN 2019, Youtuber Bisa Daftar Jalur Prestasi

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 16 Juni 2019 07:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 14 65 2066627 fakta-menarik-pendaftaran-sbmptn-2019-youtuber-bisa-daftar-jalur-prestasi-A7xAbVBizl.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Masa pendaftaran seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 2019 sudah dimulai. Para pendaftar pun diminta memilih kampus yang dituju sesuai dengan nilai Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang didapat.

Pendaftaran SBMPTN sendiri dimulai sejak 10 Juni hingga 24 Juni 2019. Sedangkan hasil SBMPTN akan diumumkan pada 9 Juli 2019 pukul 15.00 WIB

Berikut kumpulan fakta-fakta yang telah dirangkum Okezone perihal Perguruan Tinggi yang sedang melakukan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 2019, Jakarta, (16/6/2019).

1. Pilihlah Jurusan Sesuai Nilai UTBK

Masa pendaftaran seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 2019 sudah dimulai. Para pendaftar pun diminta memilih kampus yang dituju sesuai dengan nilai Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang didapat.

 Baca Juga: SBMPTN, ULM Siapkan 261 Kursi untuk Prodi Ilmu Hukum

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek-Dikti) Mohammad Nasir mengatakan, pendaftaran SBMPTN 2019 sudah resmi dibuka.

Dia menjelaskan, SBMPTN dibuka dengan dasar bahwa UTBK sudah selesai digelar dan nilainya sebagai dasar untuk mendaftar di SBMPTN.

 

2. Unair Prioritaskan Pendaftar Bidikmisi dan Komitmen Khusus

Universitas Airlangga Surabaya, Jawa Timur, akan memprioritaskan pendaftar dari jalur Bidikmisi dan Komitmen Khusus pada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) yang dibuka sejak 10 Juni 2019.

Rektor Unair Prof Mohammad Nasih mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan pertimbangan khusus untuk pendaftar jalur Bidikmisi, serta pendaftar dengan komitmen menempuh double degree ataupun student outbond di luar negeri selain nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

3. Universitas Indonesia Hanya Sediakan 2.291 Kursi

Pada jalur SBMPTN 2019, Universitas Indonesia (UI) menyediakan kursi bagi calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTN 2019 sebesar 40% dari kuota penerimaan mahasiswa baru tahun 2019. Persentase tersebut setara dengan 2.291 kursi.

 Baca Juga: Penerimaan Mahasiswa Baru, UPN Veteran Jakarta Terima Youtuber dengan 10.000 Subscriber

Sementara itu, Kepala Humas dan KIP Universitas Indonesia (UI) Rifelly Dewi Astuti mengatakan, kuota penerimaan S-1 reguler melalui jalur Seleksi Masuk UI (SIMAK UI) sebesar 30% atau sebanyak 1.677 kursi.

4. ULM Siapkan 261 Kursi untuk Prodi Ilmu Hukum

Program Studi (Prodi) S1 Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menyediakan 261 kursi untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Dr Aminuddin Prahatama Putra mengatakan, Prodi Ilmu Hukum menjadi terbanyak untuk kuota di jalur SBMPTN tahun ini.

5. Pilih Prodi Sesuai Kemauan dan Kemampuan

Kepala Humas Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh Chairil Munawir meminta calon peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk memilih program studi sesuai dengan kemauan dan kemampuan yang dimiliki.

"Calon peserta tidak perlu terburu-buru dalam mendaftar SBMPTN karena waktu sampai dengan 24 Juni. Manfaatkan waktu tersebut untuk memilih prodi sesuai dengan kemampuan diri sendiri," katanya di Banda Aceh, dikutip dari Antaranews.

6. Penerimaan Mahasiswa Baru, UPN Veteran Jakarta Terima Youtuber dengan 10.000 Subscriber

Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta menggelar Seleksi Mandiri (SEMA UPN) Tahun Ajaran 2019. Melalui jalur prestasi, UPN bakal menerima Youtuber yang memiliki 10 ribu pengikut.

Seperti dikutip situs UPN Veteran Jakarta Jumat (14/6/2019), pada penerimaan tersebut ada jalur prestasi yang menggunakan gabungan nilai UTBK dan Prestasi Akademik atau Nonakademik. Seperti bidang olimpiade sains, olahraga dan seni peringkat 1-3 tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, internasional 3 tahun terakhir, Hafiz Al-Quran Minimal 5 Juz, Ketua OSIS selama sekurangnya satu periode dan Youtube Content Creator minimal 10.000 subscriber.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini