nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Ikut SBMPTN? Peserta UTBK Harus Daftar Lagi

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Sabtu 15 Juni 2019 12:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 15 65 2066762 mau-ikut-sbmptn-peserta-utbk-harus-daftar-lagi-Eo531uaU0j.jpeg SBMPTN Info Day (Foto: Yohana/Okezone)

DEPOK - Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo menyatakan, masih banyak peserta yang belum memahami sistem Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Kata dia, banyak yang masih mengira jika sudah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) maka tak perlu lagi mendaftar SBMPTN.

Hal itu diungkapkannya saat menjadi pemateri dalam acara SBMPTN 2019 Info Day yang berlangsung di Balairung Universitas Indonesia (UI), Depok pada hari ini, Sabtu (15/6/2019). Dalam acara yang bekerjasama antara UI, Universitas Jakarta (UNJ) dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) Jakarta itu, hadir hingga ribuan calon mahasiswa dan orang tua yang memadati Balairung.

Baca Juga : Pendaftaran SBMPTN 2019 Dimulai Besok hingga 24 Juni

Budi menjelaskan, UTBK merupakan tahap awal dari proses menuju pendaftaran SBMPTN. Di mana peserta harus mengikuti tes UTBK, yang kemudian nilainya digunakan untuk mendaftar ke universitas yang dituju melalui jalur SBMPTN.

"Itu masih ada saja yang enggak tahu kalau sudah ikut UTBK memang harus daftar lagi SBMPTN," ujarnya.

Dia menekankan, jika peserta sudah mengikuti UTBK namun tetap tidak melakukan pendaftaran SBMPTN, tentu artinya peserta tersebut tak akan lolos dalam jalur SBMPTN. Sebab pendaftaran UTBK dan SBMPTN merupakan dua hal yang berbeda.

"Jadi kalau enggak daftar SBMPTN walau pun punya nilai UTBK, ya pasti enggak akan keterima," katanya.

SBMPTN

Di sisi lain, dia juga menegaskan, yang dapat mengikuti pendaftaran SBMPTN hanyalah peserta yang mengikuti UTBK. Oleh sebab itu, dia meminta untuk seluruh peserta yang sudah mengikuti UTBK segera melakukan pendaftaran SBMPTN.

"Salah satu persyaratan daftar SBMPTN adalah yang punya nilai UTBK. Jadi yang terlanjut enggak ikut UTBK mohon maaf tidak diizinkan untuk mendaftar SBMPTN," ungakapnya.

Sekedar diketahui, pendaftaran SBMPTN 2019 sudah dimulai pada tanggal 10 Juni dan akan berakhir pada 24 Juni. Pendaftaran dilakukan melalui laman resmi SBMPTN yakni http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini