nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati, Ada Oknum yang Ngaku Bisa Bantu Meloloskan ke Perguruan Tinggi

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Sabtu 15 Juni 2019 16:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 15 65 2066804 hati-hati-ada-oknum-yang-ngaku-bisa-bantu-meloloskan-ke-perguruan-tinggi-FBi5Dfygyf.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menegaskan, untuk para calon mahasiswa tak tergoda oleh iming-iming tawaran berbagai oknum yang mengaku bisa meloloskan masuk ke perguruan tinggi. Tentunya hal itu tak bisa dipercaya.

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo menyatakan, setiap tahunnya dalam masa penerimaan mahasiswa baru, selalu ada oknum yang menawarkan janji-janji bisa meloloskan masuk ke berbagai perguruan tinggi, tentunya ini dengan meminta bayaran dengan nilai yang fantastis. Kata dia, hal ini tak perlu dipercaya.

"Maka para calon mahasiswa diminta harus berhati-hati," kata dia saat ditemui di Universitas Indonesia (UI), Depok, Sabtu (15/6/2019).

Baca Juga: SBMPTN, ULM Siapkan 261 Kursi untuk Prodi Ilmu Hukum

Dia mengatakan, salah satu contoh tawaran yang beredar di masyarakat yakni dapat lolos ke jurusan Kedokteran UI dengan membayar uang senilai Rp500 juta hingga Rp700 juta pada oknum tersebut. "Itu jangan mau diiming-imingi janji seperti itu," tekannya.

Menurut dia, peserta hanya dapat lolos dengan mengikuti tahap seleksi masuk perguruan tinggi negeri, yang terdiri Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), maupun seleksi mandiri yang diadakan oleh masing-masing perguruan tinggi.

utbk

Adapun saat ini proses penerimaan yang masih berlangsung yakni SBMPTN 2019, di mana pendaftarannya dimulai pada tanggal 10-24 Juni 2019 dan akan diumumkan pada 9 Juli 2019. Pendaftaran dilakukan melalui laman resmi SBMPTN yakni http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

"Jadi jika tidak lolos di jalur SNMPTN dan SBMPTN, maka ada satu kesempatan lagi bisa lewat jalur seleksi mandiri," kata dia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini