nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SBMPTN 2019, Milenial Optimistis Raih Jurusan yang Dibidik

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Sabtu 15 Juni 2019 18:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 15 65 2066835 sbmptn-2019-milenial-optimistis-raih-jurusan-yang-dibidik-MN6SgZfOcL.jpeg Ilustrasi: Shutterstock

DEPOK - Penerimaan mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah dibuka sejak tanggal 10 Juni dan akan berakhir pada 24 Juni. Calon mahasiswa pun berbondong-bondong mendaftarkan diri berbekal nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk bisa lolos pada program studi yang diincar.

Tak hanya itu, mereka juga berusaha dengan mencari informasi seputar SBMPTN tahun ini, yang memang memiliki sistem berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu dilakukan mereka dengan mengikuti SBMPTN 2019 Info Day yang berlangsung di Balairung Universitas Indonesia (UI), Depok.

Seperti Sumayah Syahidah Az Zahra, siswa asal sekolah menengah atas di daerah Cirebon ini tengah mengejar impiannya untuk bisa berkuliah di Universitas Padjajaran (Unpad) dengan jurusan psikologi. Pilihan keduanya yakni pendidikan fisika di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Baca Juga : Pendaftaran SBMPTN 2019 Dimulai Besok hingga 24 Juni

"Ambil jurusan yang Saintek semua karena memang dari sekolah sudah IPA, dan memang juga sudah jatuh cinta dengan IPA. Orang tua juga mendukung," ungkapnya saat ditemui Okezone di UI, Depok, Sabtu (15/6/2019).

Zahra mengaku lebih optimistis untuk lolos pada pilihan keduanya yakni jurusan pendidikan fisika. Hal itu berdasarkan pertimbangannya terhadap nilai UTBK yang dia dapatkan.

"Lebih optimistis ke jurusan pendidikan fisika sih, kalau psikologi memang standar nilainya cukup tinggi," imbuh dia.

Ada juga tiga sekawan dari SMA Negeri Tambun Selatan, Bekasi yang turut mengejar mimpi untuk masuk perguruan tinggi. Mereka adalah Nina Ayu, Christy Oktaviani Hutapea, dan Septian murti Wibowo yang memang satu kelas di jurusan IPA.

Nina mengaku tengah membidik jurusan Fisika Murni di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) Jakarta sebagai pilihan pertama dan jurusan Biologi di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk pilihan kedua. Pilihan itu diambil tentunya dengan berbagai pertimbangan kebutuhan di masa depan.

utbk

"Soalnya kalau murni itu bisa masuk pendidikan juga, jadi kalau lulus dan belum dapat kerjaan bisa daftar jadi guru," kata dia.'=

Dia mengaku, bagaimana pun sulitnya persaingan namun tetap optimistis untuk menggapai program studi yang diinginkan. "Optimis sih, yah mungkin lolos," imbuh dia.

Sahabatnya, Christy menyasar jurusan Pendidikan Matematika dan Pendidikan Informatika di UNJ. Hal itu dipilihnya untuk memenuhi cita-cita menjadi guru di masa depan. Dia mengaku, belum melakukan pendaftaran demi bisa mendengar pemaparan mengenai SBMPTN pada hari ini. Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu lebih dimengerti sebelum mengambil keputusan mendaftar.

"Tapi dengan paparan ini enggak berubah, teteap optimistis dengan jurusan yang mau saya ambil," ungkapnya.

Begitu pula dengan Septian yang mengaku optimistis bisa meraih salah satu jurusan yang dibidiknya. Kedua jurusan itu yakni Psikologi di UNJ dan Teknologi Informasi di Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika).

"Karena memang suka mempelajari sifat manusia makannya ambil psikologi. Kalau teknologi informasi karena memang perkembangan ke depan itu jadi kebutuhan manusia," kata dia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini