nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melihat Lebih Dekat Kampung China di Jakarta

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 17 Juni 2019 07:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 17 338 2067179 melihat-lebih-dekat-kampung-china-di-jakarta-cTfP259ImO.jpg Lampion tersusun rapi di Kampung China Jakarta. (Foto: Okezone)

KAMPUNG China adalah hunian dan kawasan perdagangan di Cibubur, Jakarta Timur. Wilayah ini berdiri berkat kerja sama antara Pemerintah Kota Jakarta Timur dengan perusahaan asing untuk menyulap area 300 hektare kawasan wisata Cibubur menjadi kota wisata, mandiri dan town center.

Mengutip buku Ensiklopedia Jakarta, kampung itu mulai beroperasi pada tanggal 14 September 2002. Bangunan, nuansa alam, sampai pernak-pernik yang dijual masih berbau kesenian China. Semua produk yang dijajahkan pun berasal dari negeri tirai bambu tersebut. Wilayah itu akan menjadi tujuan wisata pada setiap perayaan hari raya Imlek.

Kampung China di Jakarta

Sebelum memasuki kawasan itu, pengunjung akan merasakan nuansa China yang begitu kental. Salah satunya terlihat dari pintu gerbang berbentuk naga berwarna merah yang disebut gerbang kemakmuran. Setelah itu, wisatawan akan melewati jembatan melengkung yang disebut Dragon Gate. Alunan musik Mandarin juga terdengar sejak masuk pintu gerbang hingga ke dalam lokasi utama.

(Baca juga: Sejarah Gedung Kesenian Jakarta, dari Markas Tentara Jepang hingga Bioskop)

Saat memasuki Kampung China, pengunjung akan mendapatkan deretan toko yang menjual berbagai macam dagangan, seperti kipas, payung, hiasan dinding, hio, ang pao, cincin, lampu redup, aneka keramik, guji, hingga obat-obatan tradisional khas China.

Keunikan Kampung Cina, yaitu warna bangunan, patung, dan pernak-pernik semua dagangan berwarna merah menyala. Yang berkunjung ke sana, tak hanya masyarkat keturunan Tionghoa, melainkan ada warga lokal. Mereka di sana tak hanya berwisata, tetapi juga bisa berfoto-foto seakan akan sedang berada di Negeri Tirai Bambu.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini