nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sistem Zonasi di Depok Dipadati Peserta Didik dan Orangtua, Antreannya Mengular

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Senin 17 Juni 2019 20:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 17 65 2067549 sistem-zonasi-di-depok-dipadati-peserta-didik-dan-orangtua-antreannya-mengular-ffwZZtqcjc.jpg foto: Okezone

DEPOK - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 di Depok, Jawa Barat dinilai sangat semerawut. Pasalnya, dari 17 sekolah negeri tingkat SMAN dan SMKN seluruhnya mengalami kendala dalam pendaftaran penerimaan calon siswa.

Seperti di SMA Negeri 1 Depok, Jalan Nusantara Raya, Pancoran Mas. Sebanyak ribuan orangtua calon siswa peserta didik rela mengantri panjang supaya anaknya bisa bersekolah di sekolah negeri pilihannya. Bahkan antrean orangtua calon siswa mengular hingga keluar gerbang sekolah.

Meskipun baru di buka sekira pukul 07.30 WIB, ada pula orang tua yang sudah tiba sejak pukul 02.00 WIB.

Salah satu orangtua calon siswa Rubiakto (62), mengaku kaget ketika datang pukul 06.00 WIB dan melihat antrean sudah melewati gerbang sekolah. "Tadi saya kira pake nomer antrean ternyata enggak, siapa cepat dia dapat," ucapnya.

Baca Juga: Mendikbud Ubah Pola Penerimaan Peserta Didik Baru

Keinginan dia untuk mendaftarkan anaknya di sekolah SMA Negeri 1 Depok lantaran selain menjadi favorit di kota Depok, sekolah tersebut dekat dengan rumah. Sebab PPDB tahun ini menerapkan sestem zonasi sebanyak 90%.

"Saat ini ada tiga sistem yakni zonasi dengan kuota 90%, prestasi 5% dan perpindahan 5%. Kalau anak saya kan deket dari rumah makanya menggunakan sistem zonasi," ungkapnya.

Sementara itu Kepala SMA Negeri 1 Depok Supyana sampai memberi penjelasan secara langsung kepada orangtua agar pendaftaran dapat berjalan tertib dan lancar.

Supyana mengimbau orangtua agar tidak capek-capek berdesakan pada hari pertama pendaftaran, karena keesokan hari pun masih bisa mendaftar.

Baca Juga: Sistem Zonasi Wajib Dimaksimalkan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru

"Kepada bapak dan ibu yang hendak mendaftarkan anaknya ke SMA Negeri 1 Depok, esok hari juga masih bisa, tidak harus hari ini," jelasnya.

"Tidak ada aturannya kalau yang daftar pertama pasti diterima. Tetap nantinya akan diproses sesuai juknis (petunjuk teknis) yang berlaku. Jadi jangan takut, esok hari pendaftaran juga masih dibuka," pungkasnya.

Diketahui, pendaftaran PPDB SMA Negeri di Jawa Barat berlangsung pada 17-22 Juni 2019, yang dilanjutkan dengan verifikasi dan uji kompetensi pada 24-26 Juni 2019.

Pengumuman calon siswa akan dilakukan pada 29 Juni 2019, lalu daftar ulang pada tanggal 1-2 Juli 2019. Awal Tahun Pelajaran 2019/2020 dimulai pada 15 Juli 2019.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini