nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amerika Serikat Bersiap Pindahkan Jutaan Migran Ilegal ke Negara Ketiga

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 18 Juni 2019 15:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 18 18 2067877 amerika-serikat-bersiap-pindahkan-jutaan-migran-ilegal-ke-negara-ketiga-ZZvh5Voidi.jpg Sejumlah migran di perbatasan AS. Foto/Reuters

WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) akan mulai memindahkan jutaan imigran ilegal mulai minggu depan, kata Presiden Donald Trump mengatakan, menambahkan bahwa Guatemala sedang bersiap untuk menandatangani kesepakatan negara ketiga.

"Minggu depan ICE akan memulai proses pemindahan jutaan ‘alien’ (migran) ilegal yang secara ilegal masuk ke Amerika Serikat. Mereka akan dipindahkan dengan segera," kata Trump di Twitter, merujuk pada Penegakan Imigrasi dan Bea Cukai agen.

Dia menambahkan bahwa "Guatemala sedang bersiap-siap untuk menandatangani Perjanjian Ketiga," sebuah referensi yang jelas untuk pakta di mana migran yang memasuki wilayah Guatemala harus mengajukan permohonan status pengungsi di sana, bukan di Amerika Serikat.

Foto/Reuters

AS sedang menghadapi lonjakan kedatangan migran dari Guatemala dan negara-negara Amerika Tengah yang miskin dampak kekerasan geng.

BacaKematian Migran Anak di Tahanan AS Tak Diumumkan kepada Publik

BacaPemuda 20 Tahun Ancam Bom Trump Tower via Instagram

Jumlah migran tersebut telah melampaui kemampuan otoritas AS untuk melindungi dan memprosesnya.

Trump menyebutnya "invasi," dan telah menjadikan perang melawan migrasi ilegal sebagai papan utama pemerintahannya.

Sebelumnya, AS mengatakan tidak akan menawarkan bantuan lagi ke El Salvador, Guatemala dan Honduras kecuali mereka mengambil "tindakan konkret" untuk mencegah migran tidak berdokumen menuju AS.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini