nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Tentukan Standar Minimal UTBK, Undip Minta Pendaftar SBMPTN Mawas Diri

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 18 Juni 2019 19:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 18 65 2067998 tak-tentukan-standar-minimal-utbk-undip-minta-pendaftar-sbmptn-mawas-diri-7JMcPplLsM.jpg foto: Okezone

SEMARANGUniversitas Diponegoro (Undip) Semarang tak menentukan passing grade atau standar minimal nilai Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) yang digunakan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Semua peserta yang memiliki nilai UTBK boleh mendaftar dan nantinya akan bersaing dengan peserta lain.

“Nilai UTBK kan yang berwenang mengeluarkan LTMPT (Lembega Tes Masuk Perguruan Tinggi),” jelas Ketua Panitia Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru Undip 2019, Prof. Ir. Eddy Rianto, M.SC, PhD, Selasa (18/6/2019).

Baca Juga: Undip Kejar Peringkat 500 Perguruan Tinggi Kelas Dunia

“Jadi ya calon mahasiswa harus betul-betul mencermati dan bisa memprediksi sendiri pilihan prodinya dengan mempertimbangkan PTN mana yang dituju, fakultasnya, prodi apa, daya tamping, dan keketatan persaingan di prodi tersebut,” lugas Guru Besar Peternakan Undip yang juga Kepala LP2MP itu.

Tahun ini, Undip menerima sebanyak 2.146 calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN. Sementara untuk jalur SBMPTN daya tampung sebanyak 4.850 calon mahasiswa dari.

Selain kedua jalur masuk juga disediakan jalur Ujian Mandiri (UM), termasuk di dalamnya Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB) bersumber dari calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik, seni dan olahraga serta jalur IUP (khusus untuk kelas internasional).

Baca Juga: Yos Johan Resmi Jadi Rektor Undip

Mulai 2019 ini, ada hal berbeda dalam penerimaan mahasiswa baru di seluruh perguruan tinggi negeri, khususnya jalur SBMPTN. Sebelum calon mahasiswa mendaftarkan pilihan prodi melalui SBMPTN, beberapa waktu lalu mereka diwajibkan mengikuti UTBK (Ujian Test Berbasis Komputer) yang diselenggarakan secara nasional oleh Lembega Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT memberikan kesempatan maksimal dua kali tes bagi peserta untuk memperoleh nilai yang digunakan untuk mendaftar SBMPTN.

“Mereka yang sudah diterima melalui jalur SNMPTN otomatis tidak bisa mendaftar SBMPTN. Dan mereka yang tidak mengikuti UTBK, juga tidak bisa mendaftar SBMPTN, karena tidak memiliki nilai UTBK yang digunakan sebagai saringan masuk SBMPTN,” terang Kepala Humas Undip, Nuswantoro Dwiwarno.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini