nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Kuliah di Fakultas Kedokteran UI? Peluang Diterima Hanya 3% Saja

Widi Agustian, Jurnalis · Kamis 20 Juni 2019 07:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 19 65 2068362 mau-kuliah-di-fakultas-kedokteran-ui-peluang-diterima-hanya-3-saja-0v4A5052EQ.jpg Foto: Gedung Fakultas Kedokteran UI (Humas FKUI)

JAKARTA – Sebagai sebuah fakultas favorit di kampus favorit, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) menjadi sebuah ajang kompetisi yang sangat ketat bagi para calon mahasiswa yang mengincar kuliah di sana.

Dekan FK UI Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH menyebutkan, Ilmu Kedokteran merupakan salah satu jurusan yang paling diminati di Indonesia. Selain itu, UI pun merupakan salah satu kampus favorit di Indonesia.

“Dengan kondisi tersebut, peminat jadi lebih besar,” kata dia saat berkunjung ke Redaksi Okezone.com, Kamis (20/6/2019).

Baca Juga: Selain SBMPTN, Seleksi Masuk UI Juga Dibuka

Sementara itu, dia menyebutkan, kapasitas mahasiswa baru di FK UI hanya sebanyak 180 orang. “Rata-rata angka yang kita terima, dari aplicant, baik dari berbagai jalur-jalur yang ada, kita menerima hanya sekitar 3-5% dari yang mendaftar,” jelas dia.

Melihat kondisi tersebut, dia pun memberikan saran untuk para lulusan SMA yang mencari kampus tujuan. Menurutnya, para calon mahasiswa harus pandai-pandai mengukur diri sendiri. “Dia sendiri harus berfikir, apakah dia layak atau tidak,” jelas dia.

Untuk sistem seleksi mahasiswa baru di FK UI, dia menyebutkan ada beberapa cara. Salah satunya melalui jalur undangan yang dikenal dengan SBMPTN. Jalur ini, kata dia, akan diperebutkan oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: UI Bikin Robot Bawah Laut yang Kecanggihannya Tak Bisa Dilakukan Manusia

“Kita (total) terima 180 orang. Sebanyak 50 orang kita terima dari jalur undangan. Itu bukan dari Jakarta saja, tapi juga dari Indonesia Timur dan lain sebagainya,” jelas dia.

“Kalau untuk UTBK, silakan semua orang ikut. bersaing, apakah bisa lolos atau tidak, kita lihat nanti,” tambah dia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini