nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pilih Jurusan Kedokteran, Dekan FKUI: Harus Siap Mental

Widi Agustian, Jurnalis · Kamis 20 Juni 2019 09:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 19 65 2068372 pilih-jurusan-kedokteran-jangan-sampai-sakit-jiwa-b7ZXtbCcqe.jpg Foto: Dekan Fakultas Kedokteran UI Ari Fahrial Syam

JAKARTA – Kuliah di jurusan favorit seperti kedokteran memang terlihat keren dan bergengsi. Tapi, kuliah di jurusan ini ternyata sangat berat.

Bahkan, Dekan FK UI Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH menyebut, banyak mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) yang tersisihkan karena tidak mampu mengikuti materi.

“Karena tekanannya tinggi,” katanya saat berkunjung ke Redaksi Okezone.com, Rabu (19/6/2019).

Baca Juga: UI Bikin Robot Bawah Laut yang Kecanggihannya Tak Bisa Dilakukan Manusia

Dia menjelaskan, sebelum memutuskan mengenyam pendidikan kedokteran, calon mahasiswa harus bisa mengukur sendiri kemampuan dirinya. Sebab tantangannya cukup berat.

Baca Juga: Proses Pemilihan Rektor UI 2019-2024 Dimulai

Secara rata-rata, sebanyak 10% mahasiswa kedokteran ada yang drop out, mengundurkan diri dan tidak lulus di tahun yang sama dengan angkatannya.

”Ada yang setahun jalan, mengundurkan diri. Ada yang sudah 2 tahun mengundurkan diri,” kata dia.

Dirinya berseloroh, umumnya mahasiwa yang sekolah di FK UI merupakan “jago-jago” di sekolah asalnya. Ketika para jago ini terkumpul di FK UI, maka akan terjadi kompetisi. “Karena itu harus siap mental!” cetus dia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini