nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Biaya Kuliah Kedokteran Selangit, Ini Solusi untuk Mahasiswa

Widi Agustian, Jurnalis · Kamis 20 Juni 2019 10:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 19 65 2068375 biaya-kuliah-kedokteran-selangit-ini-solusi-untuk-mahasiswa-V8UOO2Ijvm.jpg Foto: Dekan Fakultas Kedokteran UI Ari Fahrial Syam

JAKARTA – Bukan rahasia umum jika kuliah ilmu kedokteran akan sangat menguras biaya alias mahal. Tapi, ternyata ada sebuah jalan keluar bagi mereka yang pintar tapi memiliki masalah ekonomi.

Dekan FK UI Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH menyebut, ada sekira 30% dari mahasiwa di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengajukan keringanan bayaran kuliah.

Baca Juga: Proses Pemilihan Rektor UI 2019-2024 Dimulai

“Untuk sekarang, dia bisa ambil biaya kuliah berkeadilan. Sebanyak-banyaknya dia hanya bayar Rp100.000 per semester,” kata dia saat berkunjung ke Redaksi Okezone.com, Kamis (20/6/2019).

Selain itu, akan ada tambahan dana yang dialokasikan untuk mahasiswa tersebut.

“Ada program bidik misi. Ada juga program dari Iluni (Ikatan Alumni), bisa bantu Rp1 juta-Rp2 juta per bulan. Di Depok, biaya hidup sekira Rp1 juta-Rp2 juta per bulan,” jelas dia.

Baca Juga: KPK Endus Potensi Korupsi Pemilihan Rektor, Ini Penjelasan Menristekdikti

Walau begitu, untuk mengajukan keringanan biaya ini, mahasiswa harus melengkapi dengan berbagai data dan dokumen. Tentunya, semua berkas yang diajukan tersebut akan diproses dan dilakukan verifikasi.

“Kita akan lakukan kroscek. Bisa kita datangi langsung, bisa juga kita kontak telepon,” ungkap dia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini