nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rektor UI: Kembangkan Pendidikan Sesuai Keinginan Generasi Milenial

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 19 Juni 2019 21:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 19 65 2068505 rektor-ui-kembangkan-pendidikan-sesuai-keinginan-generasi-milenial-H7AbH38YcM.jpg Rektor UI Jadi Tokoh Tamu di MNC Tri Jaya (Foto: Okezone)

JAKARTA - Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis mengatakan bahwa pembelajaran kepada mahasiswa saat ini harus bisa menggunakan media sosial atau dunia digital. Sebab, dunia pendidikan harus menyesuaikan dengan karekteristik generasi milenial yang menjadi mahasiswa.

"Memanfaatkan peran utama kepada mahasiswa melalui digital ini merupakan tantangan pembelajaran. Di mana milenial ini sangat suka dengan digital. Maka itu kami kembangkan sesuai dengan keinginanan milenial," ujarnya saat menjadi tokoh bicara di MNC Trijaya Jakarta, Rabu (19/6/2019).

 Baca Juga: Selain SBMPTN, Seleksi Masuk UI Juga Dibuka

Namun, lanjut dia, pihaknya tidak akan melupakan pembelajaran dengan tidak secara digital atau membaca buku atau tidak secara digital. Bahkan di UI sudah ditingkatakan pada pembelajaran tersebut.

"Walaupun saat ini banyak mahasiswa belajar menggunakan e-book atau internet," tutur dia.

Dia menjelaskan bahwa mahasiswa sekarang lebih ke pola pikir tidak mengedepankan fisik terkait mengkritisi sesuatu kebijakan. Tetapi mahasiswa sudah memsasuki periode mensimulasi pemimpin negara dan mereka memberikan kritikan lewat argumentasi.

Baca Juga: UI Bikin Robot Bawah Laut yang Kecanggihannya Tak Bisa Dilakukan Manusia

"Kita tahu mahasiswa jaman dahulu mengkritik menggunakan teriak-teriak. Sekarang lebih pandangan untuk memberikan solusi. Contohnya kasus BBM tidak perlu di naikian," ungkap dia.

Dia menambahkan bahwa UI saat ini sudah melakukan kerja sama bersama industri untuk meningkatkan mahasiswanya.

"Dan kami juga meningkatkan infastruktur di UI untuk produk riset dari dosen dan bisa dikembangkan," tutup dia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini