nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Santap Gulai Ayam, Puluhan Warga Keracunan

Avirista Midaada, Jurnalis · Minggu 23 Juni 2019 02:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 22 519 2069759 santap-gulai-ayam-puluhan-warga-keracunan-l6T1omkUFG.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

PONOROGO - Puluhan warga Desa Plalangan, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, dilaporkan mengalami keracunan pasca menyantap gulai ayam di salah satu acara kenduri warga.

Kapolsek Jenangan AKP Haryo Kusbintoro menjelaskan bila setidaknya 30 warga Desa Plalangan mengalami keracunan pasca menyantap gulai ayam kenduri di rumah Bu Tumirah.

"Kami sudah dapat laporan tadi, sudah kami datangi lokasi dan memintai keterangan pemilik rumah dan juru masak Rusmini," ungkap Haryo pada Sabtu malam (22/6/2019).

 Baca juga: Usai Buka Bersama, 254 Orang Keracunan Makanan hingga Dilarikan ke RS

Saat dimintai keterangan dari juru masak diperoleh informasi bahwa gulai ayam yang digunakan sudah disimpan lama dan telah dipakai sebelumnya.

"Dugaannya bisa juga tercemar dari air sumur yang berdekatan dengan kandang sapi," terangnya.

 Baca juga: Satu Keluarga Keracunan saat Beristirahat di Mobil dengan AC Rusak, 1 Tewas

Keracunan

Saat ini pihak kepolisian masih menunggu hasil laboratorium pemeriksaan sampel makanan dari acara kenduri tersebut yang berupa mie, ayam, tempe, serta air sumur yang diambil.

"Masih nunggu pemeriksaan laboratorium. Kita tunggu saja hasilnya seperti apa," tukasnya.

Sementara itu, puluhan warga pada Sabtu (22/6/2019) terus berdatangan ke Puskesmas Plalangan pasca menyantap makanan di acara kenduri Bu Tumirah pada Kamis malam.

Para korban mayoritas merasa pusing, mual di perut, hingga mengalami muntah-muntah. Hingga Sabtu petang setidaknya 30 warga dilaporkan keracunan. Mayoritas korban menjalani rawat jalan, namun 8 orang dirawat inap di Puskesmas dan 1 orang dirawat di RS Aisyiyah Ponorogo.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini