nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ungkap Kecelakaan Maut Avanza Vs Bus, Polisi Gunakan Teknologi Investigasi

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 25 Juni 2019 05:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 25 512 2070456 ungkap-kecelakaan-maut-avanza-vs-bus-polisi-gunakan-teknologi-investigasi-ZhtUgmp1eU.jpg ilustrasi (Foto: Okezone)

SEMARANG - Polisi hingga kini masih mendalami kecelakaan maut yang menewaskan tujuh orang antara mobil Avanza dengan Bus Rosalia Indah di Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Selain memeriksa keterangan saksi dan menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP), polisi juga menggunakan teknologi untuk mengungkap kasus tersebut.

"Kecelakaan antara Rosalia dengan Avanza di Tengaran kemarin, tim kita sudah langsung cek lokasi, untuk mencari sebab-sebab kecelakaan itu," ujar Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Rudi Antariksa kepada wartawan, Senin (24/6/2019).

"Tentunya kita dalami, termasuk dengan memeriksa saksi-saksi yang ada di TKP. Kita lakukan penyelidikan dan memastikan kelayakan kendaraan, akan kita cek tersebut apakah masih layak," katanya menambahkan.

Dia pun menyampaikan, penyelidikan untuk mengungkap terjadinya kecelakaan menggunakan test analisys accident (TAA). Dengan teknologi itu, akan diketahui beberapa parameter sebelum tabrakan maut antara Bus AKAP PO Rosalia Indah bernomor polisi AD 1451 DF dengan mobil Toyota Avanza bernomor polisi B 157 NIK.

Ilustrasi Kecelakaan

"TAA akan menganalisa bagaimana kendaraan bergerak sebelum, sesaat, dan sesudah (peristiwa). Jadi akan melihat kemiringan jalan, panjang rem, dan antisipasi dari pengemudi. Itu akan menambah investigasi kita. Itu salah satu bentuk scientific ivestigation, menjadi penyelidikan ilmiah," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, kecelakaan bermula ketika mobil Toyota Avanza nopol B 157 NIK yang dikemudikan Imam Sholuhudin (44), warga Warungjati Timur II/59 RT 6/4 Kalibata, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan melaju dari arah Solo menuju Semarang. Sesampainya di lokasi kejadian, tepatnya di Dusun Ngentak, Desa Klero, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang mobil mendadak oleng ke kanan hingga masuk ke jalur berlawanan arah.

Pada saat bersamaan dari arah berlawanan, melaju bus PO Rosalia Indah yang dikemudikan Budi Priyanto (49), warga Perum Suka Makmur RT 4/10 Palur, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Jarak kedua kendaraan bermotor tersebut sangat dekat, hingga kedua sopir tak bisa menghindari tabrakan. Mobil Avanza langsung menabrak bus hingga ringsek.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini