nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IPB Gandeng Universitas of Nottingham di Bidang Pendidikan dan Penelitian

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 25 Juni 2019 18:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 25 65 2070804 ipb-gandeng-universitas-of-nottingham-di-bidang-pendidikan-dan-penelitian-y71ihhS6Zg.jpeg

JAKARTA - Institut Pertanian Bogor (IPB) menandatangani kerjasama dengan University of Nottingham Prof Shearer West di kampus Nottingham. Penandatanganan kerjasama sendiri dilakukan oleh Rektor IPB dan Rektor University of Nottingham Prof Shearer West di kampus Nottingham.

Acara tersebut disaksikan Dirjen SDID Kemristekdikti Prof Ali Ghufron Mukti dan sejumlah pejabat di lingkungan University of Nottingham.

Baca Juga: Peringkat IPB Naik 100 Tingkat dalam Daftar Kampus Terbaik Dunia

Kerjasama ini meliputi bidang pendidikan dan penelitian, yang di dalamnya terdapat program mobilitas internasional, publikasi, riset bersama, dan pembimbingan studi mahasiswa bersama.

Baca Juga: Hadiri FAO Roma, Rektor IPB Ungkap Strategi Pertanian di Era Digital

Salah satu program dalam jangka pendek ini adalah riset tentang Future Food yang nanti akan melibatkan sejumlah mahasiswa s2 dan s3 dari kedua Universitas tersebut. Future food adalah topik yang sangat aktual, di dalamnya mencakup topik pertanian digital.

Hal yang mendasari kerjasama ini adalah komitmen bersama untuk terus mendorong kemajuan pertanian Indonesia di era digital ini. Melalui kerjasama ini, diharapkan ada percepatan poses transformasi pertanian 4.0.

Baca Juga: Gandeng Pupuk Kaltim dan PTPN, IPB Wujudkan Pertanian 4.0

Rektor IPB Arif Satria mengatakan, penandatanganan kerjasama ini sangat penting mengingat kecenderungan pertanian digital sudah menjadi keniscayaan dan para petani di Indonesia harus dipersiapkan sehingga tidak tertinggal lagi.

Baca Juga: IPB Duduki Top 100 Kampus Terbaik Versi QS World University Ranking

"Memang tidak mudah untuk melakukan transformasi ini mengingat mayoritas petani di Indonesia masih tergolong tradisional. Namun kita optimis bahwa kalau ada terobosan-terobosan baru dalam inovasi sosial maka kita akan bisa," ujarnya dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (25/6/2019).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini