nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dua Hari Perburuan, Bea Cukai Kudus Sita Rokok Ilegal Senilai Rp600 Jutaan

Rabu 26 Juni 2019 23:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 26 1 2071366 dua-hari-perburuan-bea-cukai-kudus-sita-rokok-ilegal-senilai-rp600-jutaan-hlOs8KRDsB.jpg Foto: Dirjen Bea Cukai

KUDUS - Bea Cukai Kudus menggelar operasi memberantas peredaran rokok ilegal. Dalam dua hari "perburuan", petugas menggerebek enam bangunan tempat pengemasan dan penyimpanan rokok ilegal di sejumlah wilayah di Kabupaten Jepara. Petugas juga menangkap satu tersangka dan menyita kendaraan pengangkut rokok ilegal.

Perburuan selama dua hari pada 20 dan 21 Juni oleh tim Bea Cukai Kudus berdasarkan laporan masyarakat. Pada hari pertama, tim melakukan pengamatan dan pemeriksaan terhadap bangunan di Desa Teluk Wetan dan Desa Brantak Sekarjati, Kecamatan Welahan; Desa Lebuawu, Kecamatan Pecangaan; serta Desa Robayan, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara. Hasilnya ditemukan rokok ilegal siap edar tanpa dilekati pita cukai.

Kemudian pada pukul 21.30 WIB di hari yang sama, tim melakukan operasi tertutup di Jalan Raya daerah Robayan, Kabupaten Jepara. Tim pun mendapati sebuah mobil penumpang biru yang mengangkut rokok ilegal dari wilayah Kabupaten Jepara.

Aksi penindakan kembali dilakukan keesokan harinya terhadap dua bangunan yang diduga digunakan sebagai tempat penimbunan atau pengemasan rokok ilegal di Desa Bandungrejo, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara.

“Saat dilakukan penindakan, dari belakang bangunan ada seseorang laki-laki keluar berjalan menuju ke bangunan di belakangnya. Setelah tim kami memanggil orang yang dimaksud, orang tersebut justru berlari menuju area persawahan terbuka, tim segera mengejar orang tersebut dan bisa mengamankanya," ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Iman Prayitno.

Dari kedua penindakan tersebut, didapatkan barang hasil penindakan dengan total nilai barang sebesar Rp613.756.000 dan potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan yaitu sebesar Rp405.220.597. “Seluruh barang hasil penindakan berupa rokok dan sarana pengangkut serta pelaku berinisial AW dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk dilakukan pengamanan dan keperluan pemeriksaan lebih lanjut," pungkas Iman.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini