nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peneliti Sainstek di ASEAN Dapat Dana per Proposal USD50.000

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 26 Juni 2019 13:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 26 65 2071094 peneliti-sainstek-di-asean-dapat-dana-per-proposal-usd50-000-gY4Pqzt2xH.jpg Ilustrasi Penelitian (Foto: Shutterstock)

NUSA DUA – ASEAN Science Technology and Innovation Fund (ASTIF) akan mendanai proposal dalam bidang sains, teknologi, dan inovasi yang diajukan seluruh peneliti di ASEAN.

Indonesia pun di harapkan dapat mengirim banyak proposal agar banyak inovasi yang diciptakan.

Delegasi Indonesia untuk Project Appraisal Group (PAG) Meeting Chairul Hudaya mengatakan, untuk satu proposal yang lolos seleksi akan didanai dengan anggaran maksimal USD50.000.

Baca Juga: SMOKIES Kini Dilengkapi LoRA untuk Menjangkau Wilayah Terpencil

“Dana sumbangan dari negara ASEAN ini akan didistribusikan lagi kepada para peneliti. Mulai bulan depan sudah call for proposal dan kami harap akan banyak proposal yang masuk dari Indonesia,” tandas Chairul di sela 76th Meeting of The ASEAN Committee on Science, Technology, and Innovation (COSTI- 76) di Nusa Dua, Bali, kemarin.

Baca Juga: Dinilai Lebih Efisien, Pemilu Elektronik Cegah Peretasan

Dosen teknik Universitas Indonesia ini menjelaskan, tahun lalu dari Indonesia yang mendapat dana penelitian adalah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang meneliti tentang energi bioetanol serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang mengajukan untuk penelitian tentang kebencanaan. Kepala Biro Kerja Sama dan Ko munikasi Publik Ke menristek- Dikti Nada Marsudi m e ngatakan, tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN COSTI ke-76 yang dijadwalkan bersidang dua kali setahun.

Nada menerangkan, ASEAN COSTI memiliki sembilan sub komite di antaranya bioteknologi, informasi dan teknologi, teknologi pangan, energi terbarukan.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini