nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendikbud: Pasti Ada yang Tak Puas dengan Sistem Zonasi

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 14:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 04 65 2074582 mendikbud-pasti-ada-yang-tak-puas-dengan-sistem-zonasi-VrVKZVsezf.jpg Mendikbud, Muhadjir Effendy

PEKANBARU - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof Muhadjir Effendy mengatakan bahwa sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini banyak pro dan kontra. Namun dia menegaskan kebijakan itu sangat bagus untuk pemerataan.

"Pasti ada yang puas ada yang tidak (sistem zonasi). Namanya juga sistem," kata Prof Muhadjir Effendy Kamis (4/7/2019) dalam acara Rakornas Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Kampus Muhammadiyah Pekanbaru.

Dia menjelaskan, bahwa sistem zonasi merupakan strategi pemerintah dalam melakukan pemerataan pendidikan. Dengan diterapkannya zonasi tidak ada sekolah unggulan.

Mendikbud

"Jadi semua sekolah harus unggul. Caranya dengan pemerataan pendidikan. Input kepada siswa harus sama. Tugas semua guru inilah yang mengolah input,"pintanya.

Mendikbud hari ini juga melakukan kunjungan ke salah satu SMA unggulan di Riau yakni SMA Negeri 8. Menteri melakukan sosialisasi sistem PPDB.

"Tadi saya datang ke SMA 8 yang selama ini dikenal sebagai siswa unggulan. Setelah kita jelaskan, mereka welcome dengan sistem zonasi karena ada pemerataan antara yang pintar dan tidak pintar," imbuhnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini