nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tutup OSN 2019 di Manado, Mendikbud: Kamu Semua Adalah Juara

Subhan Sabu, Okezone · Jum'at 05 Juli 2019 12:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 05 1 2074983 tutup-osn-2019-di-manado-mendikbud-kamu-semua-adalah-juara-NhwHvNmu5W.jpg Mendikbud Muhadjir Effendy menutup OSN 2019 di Manado (Foto: Subhan Sabu/Okezone)

MANADO - Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 tingkat SMA/MA resmi ditutup. Kepala Dinas Pendidikan provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Grace Punuh dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak atas dukungan dan kerjasamanya sehinggan 0SN 2019 boleh berjalan lancar dan sukses di Sulut dan D. I Yogyakarta.

"Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati kita dan negeri ini dengan para ilmuwan hebat generasi penerus bangsa," ujar Kadis Pendidikan Sulut, Grace Punuh.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekprov Sulut Edwin Silangen, mengatakan atas nama pemerintah provinsi dan masyarakat Sulut menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan seluruh jajaran Kemendikbud yang telah menjadwalkan, mengagendakan kepercayaan bagi pemerintah dan masyarakat Sulut untuk melaksanakan OSN 2019 di povinsi Sulut.

"Dan bahkan di pagi hari ini bapak menteri hadir secara langsung untuk menutup seluruh rangkaian kegiatan OSN 2019 ini," ujar Silangen.

Kepada para peserta OSN yang telah mengukir prestasi di Sulut Gubernur berpesan agar prestasi tersebut tidak hanya berhenti di Sulut saja tapi akan berlanjut dan dibawa ketika akan mengikuti olimpiade sains di luar negeri yang akan datang. Dalam kesempatan tersebut Gubernur juga mengajak kepada para peserta OSN 2019 untuk terus tampil sebagai pelopor kehidupan yang rukun dan damai.

"Mari senantiasa kita junjung tinggi semangat saling menjaga, menghormati serta tetap berpandangan bahwa keberagaman atau perbedaan adalah karunia dan warna yang indah yang dianugerahkan Tuhan kepada kita sekalian. Selama lima hari adik-adik telah melihat keindahan alam di provinsi Sulawesi Utara sekaligus juga menyaksikan bagaimana kehidupan masyarakat Sulawesi Utara yang rukun dan damai yang menjadi modal besar dalam pelaksanaan pembangunan di provinsi Sulawesi Utara," jelas Silangen.

Sementara Mendikbud Muhadjir Effendy dalam sambutannya mengatakan bahwa para peserta yang mengikuti OSN tentu saja sudah melalui proses penyaringan, proses seleksi di daerah masing-masing.

"Karena itu sebetulnya disini hanya sekedar untuk mengukuhkan bahwa kamu semua adalah juara," ujar Mendikbud

Meski pun nanti akan ada yang menentukan siapa yang mendapatkan peluang atau keuntungan menjadi juara atau yang terpilih sebetulnya itu adalah merupakan momen yang juga semuanya harus ikut merasakan bukan hanya yang mendapatkan juara tetapi juga semuanya juga bisa merasakan sensasi sebagai juara bersama ini

"Yang lebih penting peristiwa ini bukan segala-galanya perjalanan kamu sekalian masih panjang untuk mentahbiskan diri apakah betul kamu semuanya nanti akan jadi saintis, menjadi ilmuwan-ilmuwan yang bisa memberikan sumbangan untuk kepentingan bangsa dan negara ini," kata Mendikbud.

Melihat senyuman dan wajah-wajah optimis dari para peserta, Mendikbud yakin semua akan memenuhi tanggung jawab akan memenuhi kewajiban sebagai putra-putra bangsa terbaik untuk nanti akan membantu Indonesia menjadi negara yang maju yang sejajar dengan negara-negara maju yang lain terutama di dunia sains.

"Ingat, tidak ada satupun negara di dunia ini yang menjadi negara maju tanpa didukung oleh kemajuan sains, tidak ada satupun negara di dunia ini negara menjadi maju tidak didukung oleh para saintis-saintis yang handal, itulah tanggung jawab anda semua. Anda yang akan menentukan apakah Indonesia akan menjadi negara besar dan maju itu tandanya adalah kerja keras, kesungguhan anda di masa yang akan datang. Sekali lagi maka momentum ini adalah perjalanan anda yang belum tentu akan menentukan masa depan anda kecuali anda sekalian kerja keras untuk meraihnya," pungkas Mendikbud.

Sambutan Mendikbud tersebut sekaligus menutup seluruh rangkaian kegiatan OSN 2019 dan juga memberikan pataka OSN kepada perwakilan dari Provinsi Bangka Belitung sebagai pertanda provinsi tersebut menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan OSN tahun 2020.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini