nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

One Mind One Book Strategi Berbagi Ilmu Lewat Buku

Jum'at 05 Juli 2019 13:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 05 65 2074991 one-mind-one-book-strategi-berbagi-ilmu-lewat-buku-4EuylWVeCg.jpg Foto: Kemendikbud

PANGKALPINANG – Penilik merupakan Pegawai Negeri Sipil yang berstatus sebagai tenaga fungsional yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program PAUD dan Dikmas. Dengan melihat definisi tersebut, maka penilik berperan aktif bagi suksesnya pendidikan.

Pada malam Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019 kategori Penilik PAUD dan Dikmas mengangkat topik “Strategi Pembimbingan Penilik dalam Melakukan Pembinaan Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan PAUD dan Dikmas”. Juara I kategori Penilik PAUD dan Dikmas adalah Ekawati Indrianingsih yang menerapkan metode one mind one book.

“Strategi ini adalah strategi pembimbingan kolaboratif, inspiratif, empati, dan aspiratif dengan metode One Mind One Book. Yang artinya mewajibkan satu orang pengelola untuk membaca satu buku dalam satu bulan kemudian disampaikan kembali kepada teman-temannya dengan cara sharing, cipta lagu, praktik langsung, atau sesuai dengan kreativitas masing-masing. Semoga dengan karya nyata ini bisa menginspirasi seluruh penilik di Indonesia untuk melakukan pembimbingan yang efektif bagi guru dan tenaga kependidikan di wilayahnya masing-masing,” kata Ekawati Indrianingsih pada Malam Penganugerahan Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019 di Soll Marina Bangka Hotel & Conference Center, Kamis 27 Juni 2019.

Wakil dari Jawa Tengah ini memandang dari titik tolak literasi dapat mengembangkan bidang pengetahuan lainnya. “Dengan membaca, menulis, maka ilmu pengetahuan akan kita dapat dan dengan ilmu pengetahuan yang kita dapat, maka kita bisa mengembangkan apa pun di bidang apa pun,” terang Ekawati Indrianingsih.

Ada pun ketika ditanya mengenai misi yang akan diusungnya jika berangkat ke luar negeri, Ekawati mengaku ingin belajar. Ya, direncanakan bagi juara GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi akan diberangkatkan ke luar negeri untuk mengikuti kursus singkat.

“Alhamdulillah senang sekali saya mendapatkan penghargaan kategori lomba penilik. Terima kasih kepada Allah SWT, suami dan teman-teman semua yang telah mendukung. Tentang berangkat ke luar negeri, kalau kebayang ke mana belum. Kalau ke luar negeri tujuannya untuk belajar,” ujar Ekawati.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini