nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Membangun Networking bagi Fresh Graduate

Sabtu 06 Juli 2019 07:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 05 65 2075030 tips-membangun-networking-bagi-fresh-graduate-itTbjLEFxf.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Para fresh graduate yang baru masuk ke dunia kerja belum terbiasa dalam pergaulan profesional. Dalam acara networking, fresh graduate seringkali merasa canggung untuk memulai pembicaraan dengan orang lain.

Lalu bagaimana sebenarnya cara untuk membangun sebuah networking bagi lulusan baru agar maksimal nantinya di dunia kerja. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh fresh graduate untuk membangun networking yang baik saat di dunia kerja nanti seperti dikutip Qerja, Sabtu (6/7/2019):

1. Menjadi Diri Sendiri

Syarat pertama saat membuka hubungan baru adalah kejujuran. Anda tidak perlu merasa minder dengan umur yang masih muda dan status fresh graduate yang terbilang hijau dalam dunia profesional. Dengan mengakui bahwa Anda adalah “anak baru”, para profesional justru akan memberi bantuan dengan senang hati. Apalagi, jika orang yang coba Anda hubungi masih satu almamater.

 Baca Juga: 7 Tips Simple Bangun Networking Sebelum Lulus Kuliah

Jadi, manfaatkan usia muda dan status fresh graduae untuk menghubungi (calon) mentor, hingga mendekati profesional di acara networking. Sebelum memulai membuka jaringan, Anda harus melakukan riset target.

Kemudian, pada saat bertemu dan berbicara dengan para profesional, Anda bisa mengajukan pertanyaan, mencatat, dan mempelajari banyak hal. Dengan meminta nasihat dan saran, orang-orang profesional akan merasa tersanjung.

 

2. Berteman dengan Siapa Saja

Membangun jaringan bisa dimulai dari berteman dengan siapa saja. Saat Anda baru masuk kerja pertama kali, cobalah untuk berteman dengan rekan kerja, karyawan di divisi lain, atasan, hingga klien –di luar hubungan profesional-. Menjalin pertemanan tulus adalah cara networking yang tepat yang akan berkembang menjadi jaringan yang kuat di kemudian hari.

 Baca Juga: Tips Memperkaya Networking bagi Mahasiswa

Anda selalu bisa berbagi banyak hal dengan teman di luar pekerjaan. Mulai dari dilema kehidupan profesional, kesulitan menjalani karir, dan lain sebagainya.

Tapi, Anda harus tetap menjaga diri agar tidak terlibat gosip. Dengan jalinan persahabatan yang kuat, maka teman tersebut akan mengingat Anda ketika ada lowongan kerja atau kesempatan berkarir di tempat yang lebih baik.

 

3. Fokus dan Punya Strategi

 

Bagi fresh graduate, berjejaring bukan sekadar menebar jaring dan menyebar kartu nama kepada siapa saja. Kalau Anda datang ke acara networking tanpa punya target, maka ruangan itu akan menjadi belantara yang membingungkan. Maka, Anda harus fokus dalam berjejaring.

Mulailah dengan mengidentifikasi target profesional yang ingin dikenal lebih dekat. Kemudian, Anda bisa mencari tahu hubungan yang telah terjalin antara Anda dengan target.

Apakah ia adalah atasan teman Anda atau kolega orangtua? Setelah itu, Anda bisa mulai mencari cara terbaik mendekati sang profesional, dengan memanfaatkan koneksi, acara jejaring, atau email langsung.

4. Kejar Target di Akhir Acara

Mungkin Anda punya seseorang yang dijadikan panutan. Ia adalah profesional yang sudah sukses di bidang yang Anda geluti. Namun, biasanya orang tersebut sulit dijangkau. Tetapi, Anda tetap bisa berusaha untuk membuka hubungan profesional dengan sang idola.

Jika orang yang Anda kagumi hanya bisa ditemui di sebuah seminar atau acara networking, maka kejar ia di penghujung acara. Anda perlu mempertimbangkan waktu agar bisa memperkenalkan diri dengan baik, mengobrol sedikit, dan memberikan kartu nama.

Namun, Anda harus tetap memerhatikan gelagatnya, jangan sampai menghalanginya saat sedang terburu-buru. Kesan terbaik yang dibuat di akhir acara akan membuat Anda diingat.

5. Follow up

 

Membuka hubungan profesional lebih mudah daripada merawatnya. Jika Anda sudah berhasil membuat jaringan dengan seseorang, jangan lupa untuk menindaklanjutinya. Anda bisa mengirim artikel menarik, ucapan selamat atas prestasi, atau ucapan ulang tahun.

Mungkin Anda merasa canggung untuk menyampaikan ucapan kepada orang yang baru dikenal. Tetapi, Anda setelah Anda mengikuti akun media sosial milik kolega, hal itu akan terasa lebih mudah.

Misalnya, ketika ia memperbaharui status tempat kerja baru, Anda bisa menyampaikan selamat. Jangan sampai Anda mengabaikan kolega dan hanya menghubunginya saat ada perlu saja.

Fresh graduate harus tahu bahwa faktor kesuksesan di dunia kerja bukan hanya skill yang mumpuni. Anda juga harus membuat jaringan yang kuat yang bisa membantu di masa mendatang. Jadi, selagi masih muda, mulai luangkan waktu untuk networking sebanyak-banyaknya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini