nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seorang Diplomat Turki dan Warga Sipil Tewas Ditembak di Kurdistan Irak

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 18 Juli 2019 11:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 18 18 2080459 seorang-diplomat-turki-dan-warga-sipil-tewas-ditembak-di-kurdistan-irak-S2jf9EDTnA.jpg Foto: Reuters.

IRBIL - Seorang diplomat Turki menjadi salah satu di antara dua korban yang tewas ditembak di Irbil, Ibu Kota Kurdistan Irak pada Rabu, 17 Juli.

Para korban tengah makan di sebuah restoran ketika sekelompok pria bersenjata melepaskan tembakan. Keduanya dilaporkan sebagai wakil konsul Turki di kota itu dan seorang warga sipil Irak.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengutuk penembakan itu sebagai sebuah "serangan keji".

Sejauh ini belum ada pihak yang mengklaim bertanggungjawab atas serangan tersebut. Kelompok Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang bertempur melawan pasukan Turki selama bertahun-tahun telah menyatakan tidak terlibat.

"Kami tidak memiliki pengetahuan tentang insiden penembakan dan pembunuhan pejabat konsulat Turki di Irbil," kata seorang juru bicara Pasukan Pertahanan Rakyat (HPG) kepada situs web Kurdi Irak Dwarozh News sebagaimana dilansir BBC, Kamis (18/7/2019). HPG adalah sayap militer PKK.

Penembakan itu terjadi pada Rabu, sekira pukul 14:30 waktu setempat di restoran HuQQabaz di Airport Road, antara Dream City dan distrik Kekaisaran Irbil.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan tiga penyerang melepaskan tembakan ke restoran itu, membunuh diplomat Turki dan warga sipil Irak, dan melukai seorang lainnya. Kedua korban tewas duduk di meja yang berdekatan.

Pasukan keamanan internal Wilayah Kurdistan, Asayish, mengatakan telah meluncurkan penyelidikan penuh dan telah menghubungi para diplomat Turki untuk menawarkan bantuan kepada mereka.

Pasukan keamanan internal Wilayah Kurdistan, Asayish, mengatakan telah meluncurkan penyelidikan penuh dan telah menghubungi para diplomat Turki untuk menawarkan bantuannya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini