nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kiat Memasarkan Produk Secara Efektif dengan Komuniksi Interpersonal

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 18 Juli 2019 13:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 18 65 2080503 kiat-memasarkan-produk-secara-efektif-dengan-komuniksi-interpersonal-9x2277x1M4.jpg Foto: Mahasiswa Mercu Buana di Desa Kanekes, Lebak

JAKARTA – Sebagian besar kegiatan komunikasi yang dilakukan dalam promosi dilakukan melalui komunikasi antar pribadi. Komunikasi antarpribadi yang efektif akan sangat membantu promosi sebuah produk dan mencegah timbulnya kesalahpahaman antara produsen dan konsumen.

Komunikasi interpersonal sebagai bentuk perilaku, dapat berubah dari sangat efektif ke sangat tidak efektif. Suatu saat komunikasi dapat memburuk dan pada saat lain dapat lebih baik.

Baca Juga: Gandeng Unit Layanan Sosial, Mercu Buana Bantu Proses Penyembuhan Penderita Psikotik

Menyadari pentingnya hal tersebut, Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana menggelar kegiatan untuk meningkatkan potensi industri kain tenun tradisional kaum ibu Desa Kanekes, Lebak pada medio Juli 2019.

Pada kegiatan sosialisasi selain diberikan pengetahuan terkait peran komunikasi antarpribadi dalam kegiatan promosi, juga dilakukan simulasi promosi yang dilakukan oleh para kaum ibu.

Baca Juga: Syarat Lulus Mahasiswa Universitas Mercu Buana

”Melalui sosialisasi diharapkan kaum ibu pengrajin tenun tradisional Desa Kanekes, Lebak, akan lebih menyadari peran komunikasi antarpribadi terkait promosi, memahami dimensi efektif komunikasi antarpribadi, dan cara melakukan persuasi dan promosi melalui komuikasi antarpribadi,” ujar Kepala Pusat Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mercu Buana Dr. Inge Hutagalung, M.Si, Kamis (18/7/2019).

Dia mengatakan, peran komunikasi dalam pemasaran sebuah produk sangatlah mutlak. Promosi adalah segala macam bentuk komunikasi pemasaran yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa dan memengaruhi agar membeli barang atau jasa tertentu.

Memahami efektivitas komunikasi antar pribadi dalam kegiatan promosi akan membuat konsumen mengetahui perbedaan (differentiation) produk yang ditawarkan oleh satu produsen dengan produsen lainnya. Upaya membedakan produk ini dilakukan dengan mengkomunikasikan kepada konsumen melalui kegiatan promosi bahwa produk yang ditawarkan berbeda dengan produk lainnya yang sejenis.

”Menyadari arti penting komunikasi antarpribadi dalam kegiatan promosi sebuah produk dan dalam rangka meningkatkan kain tenun tradisional kaum ibu Desa Kanekes, Lebak,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini