nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Booming Teknologi Informasi, Kenali Teori Graph yang Miliki Peran Penting

Rani Hardjanti, Jurnalis · Kamis 18 Juli 2019 15:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 18 65 2080587 booming-teknologi-informasi-kenali-teori-graph-yang-miliki-peran-penting-AiHBzyW087.jpg Ilustrasi Belajar Teori Graph (Foto: Wonder List)

JAKARTA - Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi tengah menjadi booming. Di balik derasnya kemajuan tersebut, terdapat Teori Graph yang memiliki peran sangat penting.

Teori Graph memiliki peran yang sangat penting khususnya dunia komputer. Semuanya tidak bisa lepas dari Teori Graph. Apa itu Teori Graph?

Baca Juga: Setelah ITB, Unej Bertekad Jadi Pusat Kajian Teori Graph

Menurut Prof. Slamin, guru besar Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember, Teori Graph adalah cabang dari Ilmu Matematika yang menjadi jembatan antara Ilmu Matematika dengan Ilmu Komputer. "Misalnya saja seorang yang akan membangun jaringan komputer harus belajar Teori Graph agar tipologi jaringan komputer yang dibangunnya berhasil," ujarnya dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Baca Juga: Mahasiswa Unej Angkat Sisi Lain Petani Tembakau ke Layar Lebar, Bagaimana Ceritanya?

Begitu pula di bidang keamanan informasi. "Misalnya saja pesan yang dikirimkan melalui aplikasi tertentu harus dienskripsi agar tidak gampang diretas, nah dasar dari enskripsi itu dari Teori Graph,” ulas Prof. Slamin yang juga adalah Presiden Indonesian Combinatorial Society (InaCombS).

Tidak hanya dapat diaplikasikan di dunia komputer, Teori Graph juga dapat digunakan dalam bidang lain semisal pertanian dan perkebunan. Misalkan penggunaan di perkebunan skala besar, dengan Teori Graph maka bisa didesign urutan barisan tanaman yang baik agar menciptakan efisiensi dalam pekerjaan merawat tanaman.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini