nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keunggulan Teknologi Bujangseta pada Pengembangan Tanaman Jeruk

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 21:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 19 1 2081229 keunggulan-teknologi-bujangseta-pada-pengembangan-tanaman-jeruk-8eQrvboKYf.jpg Teknologi Bujangseta bikinan Kementan (Foto: Avirista Midaada/Okezone)

KOTA BATU - Teknologi Bujangseta yang baru dikembangkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan) pada tanaman jeruk diklaim mempunyai banyak keunggulan.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Tanaman (Balitbangtan) Kementan, Fadjry Djufry, peneliti Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balijetstro) Sutopo saat berbincang mengenai pengembangan Bujangseta di Kota Batu pada Jumat (19/7/2019).

"Jadi dengan teknologi baru ini jeruk bisa panen sepanjang tahun tanpa perlu menunggu bulan - bulan tertentu saja waktu panennya," tutur Fadjry Djufry.

Fadjry menambahkan, bila kualitas buah jeruk dengan pengembangan Bujangseta diklaim lebih meningkat dengan menghasilkan buah bermutu premium yang seragam sesuai permintaan pasar.

"Jadi kita bisa memenuhi permintaan buah jeruk sepanjang tahun terutama pada bulan - bulan dimana jeruk tidak bisa panen. Dan kualitasnya dijamin lebih bagus," tuturnya.

Sementara itu peneliti dari Balijetstro Kota Batu Sutopo menyatakan keunggulan teknologi ini memang pada masa panen yang bisa lebih banyak dari metode konvensional.

"Ya kalau biasanya kan setahun panen 2 - 3 kali, dengan Bujangseta ini bisa 5 - 7 kali. Biayanya juga lebih murah, per pohonnya kalau konvensional Rp 5 ribu kalau Bujangseta cukup dengan Rp 3 ribu saja. Jadi lebih efektif dan efisien," bebernya.

Teknologi Bujangseta sendiri telah dikembangkan Kementerian Pertanian untuk varietas buah jeruk di Kota Batu dan Banyuwangi. Dengan teknologi ini beberapa varietas buah lainnya juga akan telah dikembangkan meski hasilnya masih perlu dilakukan kajian lebih lanjut.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini