nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Israel Dilanda Panas Ekstrem, Suhu Hampir Mencapai 50 Derajat Celcius di Sodom

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 11:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 19 18 2080920 israel-dilanda-panas-ekstrem-suhu-hampir-mencapai-50-derajat-celscius-di-sodom-OVdRPNjX0O.jpg Suhu hampir mencapai 50 derajat Celcius di Sodom, selatan Laut Mati. (Foto: AFP)

TEL AVIV - Gelombang panas ekstrem yang memicu sejumlah kebakaran hutan di beberapa bagian Israel, dilaporkan telah memecahkan rekor setelah mencapai suhu 49,9 C di daerah Sodom. Puncak temperatur udara pada Rabu, 17 Juli itu merupakan yang tertinggi yang tercatat sejak 1948, dan yang kedua tertinggi sejak pencatatan cuaca nasional dimulai pada 1920.

Gelombang panas akhirnya turun menjelang malam, dan para ahli meteorologi memperkirakan Negara Zionis itu akan kembali ke suhu musiman pada akhir pekan.

Lembaga meteorologi Israel mengatakan panas ekstrem adalah hasil dari pemanasan global, dan memperingatkan orang-orang untuk mengantisipasi lebih banyak kejadian cuaca yang memecahkan rekor dalam waktu dekat.

"Meskipun sulit untuk mengaitkan peristiwa terisolasi dengan perubahan iklim, menurut perkiraan terbaik, pemanasan akan terus berlanjut sehingga kami mengharapkan peningkatan jumlah gelombang panas ekstrem dan probabilitas yang lebih tinggi untuk memecahkan lebih banyak catatan suhu," kata lembaga itu dalam sebuah pernyataan kepada Haaretz sebagaimana dilansir RT, Jumat (19/7/2019).

Dinas darurat melaporkan bahwa sedikitnya 140 orang dirawat karena gejala yang berhubungan dengan panas. Dinas darurat juga telah berusaha memadamkan beberapa kebakaran hutan di Aderet, Israel tengah, yang memicu evakuasi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini