nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita Keluarga Pasien yang Ikut Operasi Bibir Sumbing MNC Peduli

Demon Fajri, Jurnalis · Sabtu 20 Juli 2019 18:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 20 340 2081482 cerita-keluarga-pasien-yang-ikut-operasi-bibir-sumbing-mnc-peduli-0pW5lbSWfJ.jpg Operasi Bibir Sumbing MNC Peduli (foto: Ist)

BANDAR LAMPUNG - Puluhan pasien bibir sumbing mengikuti operasi bibir sumbing yang di gelar MNC Peduli bersama jalinan kasih, smile train. Operasi yang diberikan secara gartis itu di helat di rumah sakit (RS) Pertamina Bintang Amin Lampung, Sabtu (20/7/2019).

Operasi yang dikemas dalam program ''Senyum Indonesia'', sumbing bibir dan sumbing langit-langit tersebut diikuti masyarakat dari berbagai daerah di provinsi Lampung. Kabupaten Pring Sewu, Lampung Tengah, Way Kanan, Tulang Bawang, Lampung Timur, Tanggamus, Bandar Lampung dan kabupaten Lampung Selatan, misalnya.

Operasi Bibir Sumbing MNC Peduli (foto: Istimewa)	 

Dari puluhan pasien yang mengikuti operasi terdapat secuil cerita dari keluarga pasien. Maria Meliana Astuti, misalnya. Perempuan asal kabupaten Lampung Tengah ini ikut dalam program operasi bibir sumbing MNC Peduli.

Anak dari Maria mengalami kekurangan di bagian bibir sejak lahir, bibir sumbing. Dominikus Excel Nirwanto, namanya. Mulanya perempuan itu tidak mengetahui jika anak-nya mengalami kekurangan.

Sebab, Dominikus turun ke bumi pada usia kandung 7 bulan. Sebelum melahirkan, Maria sempat memeriksa usia kandungan ke dokter di daerah tersebut, ketika usia 7 bulan. Pemeriksaan itu lantaran Maria mengalami mules yang berkepanjangan.

Baca Juga: Peduli Sesama, Tim MNC Peduli Gelar Operasi Bibir Sumbing 

Setelah di periksa tim medis di salah satu rumah sakit di wilayah itu, Mari langsung melahirkan bayi laki-laki. Namun, saat kelahiran anaknya, Maria tidak diberi tahu tim dokter jika anaknya mengalami kekurangan di bagian bibir.

''Perasaan saya ketika melahirkan anak saya ini (Dominikus Excel Nirwanto) kaget. Tapi ini kehendak Tuhan, sudah menjadi titipan Tuhan,'' kata Maria.

Operasi Bibir Sumbing MNC Peduli (foto: Istimewa)	 

Saat lahir, Dominikus susah diberi minum susu. Sebab pemberian susu tersebut menggunakan suntikan. Penggunaan suntikan itu pun sempat membuat mulut anaknya berdarah.

Lantaran minum susu menggunakan suntikan membuat mulut anaknya berdarah, Maria mencari informasi untuk pemberian susu khusus anak sumbing. Alhasil, dirinya menemukan botol susu khusus bayi sumbing.

''Kendala saya sehari-hari kasih minum susu susah harus minum pake suntikan sampe mulut berdarah. Tapi sekarang sudah pake botol susu khusus buat anak bibir sumbing,'' cerita Maria.

Beriring berjalannya waktu, Maria terus berusaha menjadikan Dominikus terbaik. Di mana dirinya sempat berkomunikasi dengan salah satu rumah sakit untuk operasi bibir sumbing anaknya.

Sayangnya, operasi tersebut tidak bisa dilakukan dengan menggunakan kartu BPJS. Hal tersebut tidak membuat Maria menjadi patah semangat. Tak lama kemudian, Maria menonton stasiun Global TV.

Baca Juga: Penuhi Stok Darah PMI Kota Depok, MNC Peduli Gelar Aksi Donor Darah

Di stasiun itu ada program operasi bibir sumbing gratis yang diadakan MNC Peduli. Namun, untuk mengikuti operasi tersebut dirinya musti bersabar. Lantaran anaknya belum cukup umur untuk di operasi.

''Ada stasiun Global Tv yang menyiarkan operasi bibir sumbing gratis. Saya hubungi ternyata bisa ikut operasi. Walapun sedikit lama karena menunggu cukup umur anak saya,'' kata Maria.

Operasi Bibir Sumbing MNC Peduli (foto: Istimewa)

Usai menghubungi nomor yang tertera di Global TV, Maria mendapatkan panggilan dari MNC Peduli jika anaknya bisa ikut serta dalam operasi bibir sumbing. Hal tersebut membuat menjadi senang jika anaknya bisa ikut serta dalam program operasi bibir sumbing gratis.

''Perasaan saya senang dapat operasi bibir sumbing dari MNC Peduli. Saya berterima kasih kepada MNC peduli telah mengadakan operasi bibir sumbing secara gratis. Mudah-mudahan bisa berjalan panjang dan bisa mengobati anak-anak lainnya selain anak saya,'' ucap Maria.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini