nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Industri 4.0 Buat Pendidikan Tanpa Batasan Ruang dan Waktu

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 18:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 22 65 2082166 industri-4-0-buat-pendidikan-tanpa-batasan-ruang-dan-waktu-orrDQtWXL6.jpg Foto: Perayaan Dies Natalis Vokasi UI ke-11

DEPOK - Pesatnya perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 turut serta mendukung peningkatan kemajuan teknologi Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ). Universitas Terbuka (UT) sebagai pionir dałam PTTJJ melalui penyelenggaraan online mampu menjangkau seluruh masyarakat Indonesia untuk mengakses pendidikan tinggi tanpa ada batasan ruang dan waktu.

Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D mengatakan, sejauh ini UT terus melebarkan sayapnya melalui kerja sama yang solid dałam bentuk penandatanganan nota kesepahaman (MOU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, serta mitra dari berbagai instansi untuk peningkatan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Online Learning.

"Kami akan tawarkan apa yang dibutuhkan masyarakat, Learning kontennya apa saja dan itu menjadi konvensi bahan ajar kita secara online," kata Ojat Darojat, usai acara 'Dies Natalis Vokasi UI ke-11, di Auditorium Vokasi Universitas Indonesia (UI), Senin (22/7/2019).

Baca Juga: Vocademia UI Raih Medali Emas di Polandia, Kalahkan Amerika hingga Malaysia!

Melalui kerja sama ini, dia berharap dapat mendukung arahan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada pengembangan pembelajaran dałam jaringan dałam bentuk hybrid atau blended learning berbasis online dengan merujuk pada Peraturan Menteri tentang standar Pendidikan Jarak Jauh.

"Tantangan sekarang masih literasi levelnya dari para pengguna atau calon pelatihan tersebut dan itu perlu kita edukasi terlebih dahulu. Contohnya ada orang pintar ngelas punya sertifikasi ngelas tetapi kemampuan literasi levenya kurang oleh kita di edukasi supaya pintar memanfaatkan layanan online," jelasnya.

Baca Juga: Tim Peneliti FMIPA UI Temukan Bakteri Genus Baru di Mata Air Panas Cisolok

Adanya kendala keterbatasan jaringan dan sumber daya manusia, pihaknya saat ini masih mencari formula jitu untuk mengatasinya, oleh karena itu Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh dibutuhkan sistem yang baik.

"Kemudian di daerah tertentu juga terkait masalah jaringan belum merata dan harus cari solusi jika perlu ada orang ketiga supaya kerja sama UI dan UT bisa terselenggara bukan hanya di kota tapi daerah-daerah lain," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, UT dan Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia sepakat menandatangani perjanjian kerja sama dałam penyelenggaraan pelatihan online bersertifikat yang ditandatangani oleh Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA selaku Wakil Rektor Bidang SDM dan Kerjasama UI dan Dr. Liestyodono Bawono Irianto, M.Si. Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama. Penandatanganan ini disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan Rektor Universitas Indonesia.

"Saya kira kalau itu merupakan upaya serius dari pemerintah untuk mendorong dan meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air saya kira tidak ada masalah. Bahkan itu keputusan sangat baik, bagaimana caranya dengan kehadiran mereka bisa mengoptimalkan impian kita dalam meningkatkan kualitas pendidikan," tutupnya.

Tepat pada Dies Natalis XI Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, selaku keynote speech yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Dr. Darmin Nasution dan Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul Pendidikan Jarak Jauh: Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Pemerataan dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia yang dilaksanakan di Auditorium Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini