nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usai Bertemu Ratu Elizabeth, Boris Johnson Resmi Jadi PM Inggris

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 25 Juli 2019 11:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 25 18 2083352 usai-bertemu-ratu-elizabeth-boris-johnson-resmi-jadi-pm-inggris-JM6Yn8QPER.jpg Boris Johnson bertemu Ratu Elizabeth. Foto/Reuters

LONDON – Boris Johnson resmi menjadi Perdana Menteri Inggris usai bertemu dengan Ratu Elizabeth pada Rabu (24/7).

Dalam pidatonya sebagai Perdana Menteri baru Inggris, Boris Johnson antara lain berjanji akan mengantar Inggris keluar dari Uni Eropa pada 31 Oktober.

"Kita akan mewujudkan janji-janji berulang dari parlemen ke rakyat, bahwa kita akan keluar dari Uni Eropa pada tanggal 31 Oktober. Kita tak berandai-andai lagi. Kita akan merundingkan kesepakatan baru, kesepakatan yang lebih menguntungkan bagi Inggris," kata Johnson mengutip BBC News, Kamis (25/7/2019).

Foto/Reuters

Ia langsung membentuk kabinet. Dua politisi berdarah Asia, Sajid Javid dan Priti Patel masing-masing diangkat menjadi menteri keuangan dan menteri dalam negeri.

Baca juga: Boris Johnson, Perdana Menteri Inggris Baru yang Ingin Tiru CFD Jakarta

Baca juga: Tokoh Brexit, Boris Johnson Akan Jadi Perdana Menteri Baru Inggris

Johnson Perdana Menteri Inggris terpilih akan menggantikan Theresa May setelah memenangi kepemimpinan partai berkuasa, Partai Konservatif pada Selasa, 23 Juli.

Johnson mengalahkan Menteri Luar Negeri Jeremy Hunt dalam pemungutan suara di kalangan anggota Partai Konservatif dengan meraih 92.153 suara sementara Hunt mencapai 46.656.

Dalam sistem pemerintahan di Inggris, Ketua partai yang berkuasa secara otomatis akan menjadi perdana menteri negara itu.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini