nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inspiring, Siswa Berkebutuhan Khusus Dilibatkan dalam Inovasi Robotik

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 26 Juli 2019 16:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 26 65 2083979 inspiring-siswa-berkebutuhan-khusus-dilibatkan-dalam-inovasi-robotik-GtyMmhhVqZ.jpeg Foto: Festival Kewirausahaan Siswa Pendidikan Khusus

JAKARTA - Rumah Robot Indonesia bersama Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta menggelar Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia pendidikan khusus dan layanan khusus, di Mall Season City, Jakarta.

Baca Juga: Rumah Robot Siap Gelar Indonesia Robotic Competition 2019

Terlihat antusias para siswa dalam mengikuti acara tersebut. Bahkan ada beberapa siswa yang menampilkan keahliannya di depan panggung seperti menari dan di bidang robotik.

Festival Siswa Berkebutuhan Khusus

Kepala Bidang SD dan PKLK Dinas Pendidikan DKI Jakarta Didik Hartaya mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada Pendiri World Robotic Explorer (WRE) Indonesia atau dikenal sebagai Ibu Robot Semua Anak Jully Tjindrawan, yang telah menyediakan tempat pada acara kali ini.

Baca Juga: Rumah Robot Indonesia Hadirkan Augmented Reality hingga Game Virtual Reality

"Kami terima kasih kepada Bu Jully. Di mana Bu Jully ini sangat membantu pendidikan di DKI Jakarta dengan robotiknya. Karena robotik ini bisa membawa siswa pada industri 4.0 secara perlahan," ujar Didik, Jumat (26/7/2019).

Dia menuturkan, kegiatan ini untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa para siswa pendidikan khusus bisa juga melakukan inovasi seperti apa yang dilakukan oleh para siswa umum lainnya.

"Kami mengajak terutama seluruh jajaran Sekolah Luar Biasa (SLB) dan sekolah inklusi, agar menjadi bagian ini, agar bisa masuk dunia usaha karena anak luar biasa tidak kalah dengan yang normal. Maka itu ini momen yang terbaik karena anak-anak luar biasa akan tampil di dunia luar dan produk-produknya tidak kalah dengan produknya lainnya," ungkap dia.

Festival Siswa Berkebutuhan Khusus

Sementara itu, Kepala Seksi Kelembagaan dan Sumber Belajar bidang SD PKLK DKI, Suryani menyatakan bahwa ada 15 gugus yang ikut berpartisipasi acara ini. Di mana 14 gugus SLB dan satu gugus sekolah inklusi.

"Dan setiap gugus ini ada 10 siswa. Jadi ada 150 siswa yang menunjukkan kreativitas di rumah robot ini," pungkas dia.

1
2

Berita Terkait

Serba-serbi kampus

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini