nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rumah Robot Indonesia Dukung Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 26 Juli 2019 17:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 26 65 2084050 rumah-robot-indonesia-dukung-pengembangan-anak-berkebutuhan-khusus-ZtJj219hcl.jpeg Foto: Festival Kewirausahaan Siswa Pendidikan Khusus

JAKARTA - Pendiri World Robotic Explorer (WRE) Indonesia atau dikenal sebagai Ibu Robot Semua Anak Jully Tjindrawan sangat konsen pada pengembangan anak-anak berkebutuhan khusus. Baginya, anak-anak berkebutuhan khusus merupakan aset bangsa di Indonesia.

Baca Juga: Inspiring, Siswa Berkebutuhan Khusus Dilibatkan dalam Inovasi Robotik

"Saya percaya dari kelemahan anak-anak berkebutuhan khusus itu ada kekuatan mereka yang kita belum tahu. Maka itu saya pikir tetap harus dikembangkan. Salah satunya mereka bisa melukis robot-robot. Jadi saya pikir ada potensi spesial dari mereka seperti anak-anak normal," ujar dia, Kamis (26/7/2019).

Festival Siswa Berkebutuhan Khusus

Salah satu langkah konkret yang direalisaikan Rumah Robot Indonesia adalah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dalam acara Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus pada 26-27 Juli, di Mall Season City, Jakarta.

Baca Juga: Rumah Robot Siap Gelar Indonesia Robotic Competition 2019

Dia mengaku, sudah lebih 10 tahun turut serta mengembangkan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Walaupun sosialisasi belum berjalan dengan baik.

"Dari 10 tahun ini saya banyak melatih mereka dengan menggunakan komputer dan memang mereka punya banyak kelebihan-kelebihan. Seperti bisa memasak makanan menjadi enak layaknya orang normal," ungkap dia.

Jully berharap, anak-anak berkebutuhan khusus bisa terus berkembang dengan memberikan alat-alat elektronik. Oleh karenanya, Rumah Robot Indonesia berupaya untuk bekerjasama dengan Pemprov DKI untuk memajukkan pendidikan.

"Dan tanpa banyak yang tahu mereka bisa mengerjakan sesuatu dengan percaya diri. Dengan percaya diri itu mereka tidak marah-marah dan mereka akan merasa berharga dengan merada berharga akan menambah sedikit IQ," pungkas dia.

Festival Siswa Berkebutuhan Khusus

Rumah Robotic adalah salah satu wadah pendidikan yang bergerak di bidang jasa pendidikan atau pelatihan kepada siswa-siswi di sekolah-sekolah sejak usia dini, baik dalam bentuk intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Diharapkan anak-anak dapat menghasilkan suatu karya yang memiliki nilai financial yang dapat membantu masa depan anak – anak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini