nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kakak Senior, Jangan Ada Lagi Kekerasan dalam Masa Orientasi Mahasiswa Baru Ya

Rani Hardjanti, Jurnalis · Jum'at 26 Juli 2019 19:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 26 65 2084135 kakak-senior-jangan-ada-lagi-kekerasan-dalam-masa-orientasi-mahasiswa-baru-ya-SQ4V3JFcqX.jpg Ilustrasi Kekerasan pada Mahasiswa Baru (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kegiatan Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) akan segera tiba. Tetapi masa orientasi ini harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mahasiswa baru seringkali bingung terkait mekanisme Pengenalan Kehidupan Kampus. Banyak yang beranggapan bahwa kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus masih diisi kegiatan perpeloncoan, senioritas, dan hal negatif lainnya.

Baca Juga: Tewas saat MOS, Siswa SMA Taruna Palembang Dipukul Pembina Pakai Bambu

Menristekdikti Mohamad Nasir menegaskan dalam penerimaan mahasiswa baru tidak boleh ada kekerasan baik fisik maupun psikologis kepada mahasiswa baru selama masa pengenalan kampus. Kemenristekdikti melalui Surat Edaran Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2018 mengatur kegiatan pengenalan kampus ini agar diisi dengan kegiatan yang bersifat edukatif, sebagai sarana pembinaan dan adaptasi lingkungan pendidikan tinggi.

“Kegiatan pengenalan kehidupan kampus tidak boleh lagi ada kekerasan, apabila terjadi rektor dan direktur politeknik harus bertanggung jawab. Jangan sampai terjadi hal-hal seperti ini,” tegasnya, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Menristekdikti

Perguruan tinggi bertanggung jawab melaksanakan kegiatan PKKMB agar diisi dengan materi tentang pengenalan kehidupan kampus baik akademik maupun non akademik, seperti kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi dan kerja sama, untuk menghadapi tantangan di era industri 4.0 saat ini.

Baca Juga: Kronologi Siswi SMP Dianiaya 12 Pelajar SMA, Bermula dari Sakit Hati soal Utang

Selain itu, PKKMB Tahun 2018 juga menjelaskan, masa PKKMB ini dilaksanakan selama 4 sampai 7 hari, dimulai pukul 07.00 dan berakhir maksimal pukul 17.00.

Kegiatannya dapat berbentuk ceramah, latihan keterampilan dan diskusi, tugas mandiri, kunjungan langsung, penyelenggaraan pameran, permainan, studi kasus, atau praktik langsung dengan memanfaatkan media kreatif/teknologi informasi yang familiar dengan generasi milenial.

Mahasiswa baru pun perlu dikenalkan pada bahaya radikalisme.

Kampus perlu mencegah dan menangkal radikalisme sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Bela Negara, dan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 55 tahun 2018 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Dalam Kegiatan Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.

Melalui dua regulasi ini, perguruan tinggi bertanggung jawab melaksanakan pembinaan ideologi Pancasila bagi mahasiswa dalam kegiatan kemahasiswaan di perguruan tinggi.

Kegiatan itu dapat diisi dengan peningkatan pemahaman, penghayatan dan pengamalan empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika), penanaman wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara, pencegahan, penanggulangan dan penyalahgunaan narkoba, anti radikalisme, anti korupsi, anti plagiarisme.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini